Header Ads

PULUHAN WARUNG DEPAN ROXY MALL JEMBER AKAN SEGERA DITERTIBKAN



SRJ NEWS - puluhan warung Makanan  permanen yang berada di depan pertokoan Roxy Mall di Kaliwates akan segera ditertibkan Padahal, dikarenakan bangunan ini sudah diputuskan berbahaya bagi perjalanan kereta api, karena sangat berdekatan dengan rel. Oleh karena itu,perlu ditertibkan.

Manager Humas PT. KAI DAOP 9 Jember Luqman Arif mengatakan (21/5/18),. Pihaknya sudah mencari tahu terkait pedagang yang membandel berjualan di sana.  lokasinya yang sangat dekat sekali dengan rel kreta api tentu sangat membahayakan

“ sebenarnya Mereka menyewa dari oknum-oknum yang membangun tempat tersebut atau yang sudah menempati sebelumnya,” jelas Luqman. Sehingga, pihak penyewa yang kini menempati warung ini tidak tahu bahwa mereka menyewa kepada pihak yang tidak berhak dan bangunan itu bermasalah. 

lanjut  Luqman, mereka tidak tahu bahwa secara yuridis dan memiliki kekuatan hukum, putusan MA menyebutkan bahwa tanah itu milik PT KAI Daop 9 Jember. Sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2007 dijelaskan bahwa ruang milik jalan kereta api adalah 11 meter di kanan kiri rel. 

Ruang di jalur itu harus steril dan tidak ada bangunan yang menghalangi pandangan kereta api. “Jadi, yang ada di atas tanah di depan pertokoan Roxy itu adalah bangunan liar,” jelasnya. Total, di lokasi tersebut kini ada sekitar 20 ruko yang dibangun lagi dan ditempati untuk berjualan.

Apalagi, dijelaskan bahwa jalur tersebut merupakan jalur lengkung berbelok. Sehingga, secara keamanan sangat berbahaya baik bagi kereta api, pengendara jalan, maupun pedagang yang memakai bangunan di depan pertokoan Roxy tersebut. Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada pedagang yang masih nekat menggunakan bangunan itu untuk segera pindah.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat lainnya, sehingga nantinya diharapkan penertiban bisa berjalan lancar tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan. ,” jelasnya (tim*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.