Header Ads

KOMINFO RI : JEMBER BERPOTENSI MENJADI SMART CITY





SRJ NEWS - kabupaten Jember menjadi kabupaten yang terpilih menjadi kota percontohan smart city. Hal tersebut disampaikan Hasyim Gautama, Kepala Sub Direktorat Layanan Kepemerintahan Kementerian Kominfo RI, saat sosialisasi dan bimbingan teknis Gerakan Menuju 100 Smart City di Pendopo Wahyawibawagraha Kabupaten Jember, Senin (9/7/2018).
Hasyim menjelaskan, Smart city bertujuan membangun Kabupaten atau kota dengan memanfaatkan potensi informasi dalam pengelolaan semua sektor secara maksimal.
Terdapat beberapa kriteria untuk kabupaten atau kota agar terpilih sebagai kota percontohan smart city di Indonesia.
Hasyim menerangkan, di awal tahun 2018 ini, pihaknya melakukan assessment atau penilaian  kepada seluruh daerah di Indonesia tentang potensi yang ada, APBD dan lain sebagainya. Dari hasil penilaian tersebut, Kabupaten Jember dianggap memenuhi persyaratan dan siap untuk dimulai gerakan smart city. Kabupaten Jember menjadi salah satu dari 50 kota yang mendapatkan pendampingan smart city di tahun ini. 

Lebih lanjut hasyim menerangkan, dalam program smart city, Kementerian Kominfo RI melakukan pendampingan pada 550 Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Kegiatan yang mulai dilakukan di kabupaten Jember pada bulan Juli ini sampai November 2018 nanti adalah tahapan implementasi pendampingan bimbingan teknis (*yunk)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.