Header Ads

GALAKKAN KEGIATAN MINAT BACA SEJAK DINI




SRJ NEWS  - Guna meningkatkan minat membaca, selain program gernas baku (Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku), Perhimpunan Guru Paud Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jember juga melakukan upaya lainnya. Salah satunya dengan kegiatan berkunjung ke Perpustakaan Daerah (Perpusda).
Rifdatul Afiyah, ketua himpaudi Kabupaten Jember menjelaskan, pihaknya dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia  (IGTKI) melakukan kerja sama dengan Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jember, tujuannya untuk meningkatkan minat membaca anak sejak dini.
Pihaknya akan mengundang sekolah Paud di wilayah Kecamatan Sumbersari, Kaliwates dan Patrang untuk mengawali kunjungan ke Perpustakaan Daerah.

Ridfatul menerangkan, dari program kunjungan tersebut manfaat yang diperoleh diantaranya dapat meningkatkan minat baca para peserta didik, meskipun usia Paud masih banyak yang belum bisa membaca. Namun dengan melihat gambar dan warna yang menarik dapat meningkatkan minat baca anak sesuai tahapan usianya.

Selain itu, saat berkunjung nantinya, wali murid dapat membawa persyaratan pembuatan kartu anggota perpustakaan seperti KTP, KK untuk pembuatan kartu anggota untuk anak-anaknya. Harapannya dengan kartu perpustakaan yang dimiliki, orang tua akan sering berkunjung ke perpustakaan daerah di Jember.

Lebih lanjut, Ridfatul menambahkan, kegiatan rekreatif ini akan dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan jumlah peserta didik di tiga wilayah kecamatam di Jember tersebut. Pasalnya, pihak perpustakaan hanya mampu menampung 150 anak dalam setiap kunjungan."pungkasnya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.