Header Ads

WISATA EDUKASI PUSLITKOKA KEBUN RENTENG JENGGAWAH JEMBER


KOPDAR KOMUNITAS DJOJUJ DI PUSLITKOKA

SRJ NEWS -    Buat Kalian yang Ingin berlibur ke jember dan bingung mau kemana? kalian bisa mencoba berkunjung ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) di Jalan Kebun Renteng Jenggawah, Rambipuji, Jember menawarkan wisata edukasi yang sayang jika kalian lewatkan jika berlibur dijember.


ini adalah sedikit share pengalaman saya mengunjungi wisata edukasi puslitoka kebun renteng jenggawah bersama komunitas saya, saya pikir Puslitkoka ini ya sekedar sebuah tempat penelitian, tetapi tidak. Banyak hal menarik di dalamnya termasuk hal edukasi . Yuk, lanjut baca ya sampai selesai.
KRETA KAYU PUSLITKOKA


Kawan-kawan kalau mau berkunjung ke Puslitkoka di jalan Kebun Renteng Jenggawah ini bisa lewat dua jalur, dari daerah Kaliwining, Rambipuji atau masuk lewat dari Jenggawah. Masuk ke mari mah gratis, nggak perlu tiket masuk. Eh, ada ding, bayar parkir kendaraan dua rebu rupiah saja. Buka dari jam 08.00 sampai 16.00 WIB setiap hari, kecuali weekend (Sabtu dan Minggu) hanya sampai jam 15.00 WIB.

Awali perjalanan edukasi kawan-kawan bisa  dengan naik kereta edukasi yang unik. Kereta ini dari kayu, jadi sejuk sekali saat naik kereta ini. Untuk naik kereta edukasi, kawan perlu membayar Rp 10.000,-. Dengan itu kawan bisa mengelilingi kebun kopi dan kakao di sini. Di dalam kereta juga ada pemandu yang akan menjelaskan seputar kopi dan kakao selama di perjalanan. Jika ingin bertanya-tanya soal tanaman kopi dan kakao, bebas saja, mumpung kita sedang ada di sini.

KOPDAR  KOMUNITAS DJOJUJ DI PUSLITKOKA
Di kebun yang kita lewati juga akan ada rusa-rusa yang hidup di sini serta berbagai jenis flora juga ada loch. Kita akan diturunkan sebentar jika  ingin sekedar memberi makan rusa, berfoto, dan berdekatan langsung dengan rusa tersebut. Oh iya, rumput untuk ngasih makan rusanya sudah disiapkan, kok jadi gak perlu bingung mau ngasih makan rusanya?.

OUTLET PRODUK PUSLIKOKA

Sebaiknya kawan jangan melewatkan tur pengolahan kopi dan kakao ini, selain dapat ilmu kita juga tahu proses pembuatan kopi dan coklat kemasan mulai proses pemanenan buah kakau sampai pengolahan menjadi berbagai produk olahan seperti Kopi, Coklat dan lain lain yang dapat teman teman temui di Outlet Puslitkoka. Nah, kebetulan saat saya mengikuti tur ini, mesin-mesin yang ada di hadapan saya (gambar di bawah) tidak sedang bekerja. Oh, ternyata pemamenan dan pemrosesan bagian awal-nya dilakukan dalam waktu 20 hari sekali, kata pemandu sich begitu.

Di ruang pengolahan, kita bisa melihat proses pengolahan  biji coklat maupun kopi diolah dan dipisah dari ampasnya sampai menjadi produk jadi siap konsumsi dan dijual di konsumen. Tetapi kita nggak bisa masuk ke ruangannya. Kita hanya bisa melihat dari kaca-kaca di sisi ruangan. Saat saya ke mari, para pegawai di sini sedang istirahat dan shalat, jadi kebetulan kosong.  biasanya kita tur edukasi juga sembari melihat bagaimana para pengolah coklat dan kopi ini bekerja.

PROSES PENGOLAHAN PRODUK PUSLITKOKA
Setelah selesai wisata edukasinya, mari kita beli oleh-oleh yang banyak tersedia di outlet kopi dan kakao ini. Mulai dari coklat harga Rp 7.500 hingga ke atas. Outlet ini juga berupa kafe, kawan bisa memesan kue atau minuman di sini. Kalau ingin duduk-duduk di taman juga bisa saya bersama komunitas kebetulan melakukan kopdar ditempat ini bertamasya sekaligus berkemping ria. Di Puslitkoka ini juga ada masjid, jadi kawan tidak perlu khawatir saat masuk waktu shalat.puslit toka ini sudah sangat terkenal kawan dan bila akhir pekan pastinya ramai pengunjung

PRODUK HASIL OLAHAN PUSLITKOKA
Bagaimana kawan? Sudah pernah ke mari belum? jika belum silahkan kunjungi dijamin tidak rugi dech....ajak juga kawan, pacar, sahabat, keluarga, dan komunitasmu,

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2 (www.tamanbotanisukorambi.com dan www.bloggerjembersueger.com)








2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.