Header Ads

BLUSUKAN , TINJAU HARGA KEBUTUHAN MENJELANG LEBARAN




SRJ NEWS - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Kabupaten Jember. Salah satu agendanya, meninjau perkembangan harga dan geliat ekonomi di pasar tradisiona ldi Kabupaten Jember.
Setelah mengunjungi beberapa pasar tradisonal diantaranya Pasar Tanjung, memang ditemukan adanya kenaikan harga beberapa komoditas misalnya daging ayam.

Khofiffah mengatakan, kenaikan yang terjadi pada sejumlah komoditas saat ini dikarenakan stok dipasaran semakin menipis sehingga harga meningkat. Tetapi hal tersebut bisa disiasati dengan adanya warehouse atau gudang di tengah pasar. Karena gudang mampu menjaga stok barang dan menekan kenaikan harga barang yang ada di pasaran.

Langkah lain yang seharusnya dilakukan yakni dengan menggelar operasi pasar. Dengan demikian bisa dideteksi berapa besar kebutuhan pasar dan mengetahui dimana titik-titik yang menjadi penghambat distribusi.

Khofiffah juga berharap, agar ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) di pasar, karena KUR memiliki bungan rendah hanya sebesar 7 persen pertahun dan hal itu sangat memudahkan masyarakat dalam meningkatkan ketahanan perekonomiannya dengan jalan memiliki usaha di pasar.
Khofifah menambahkan, pasar tradisional haruslah menjadi perhatian pemerintah. Salah satunya dengan menbangun sektor infrastrukturnya agar pengunjung di pasar tradisional semakin meningkat (*tim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.