Header Ads

JELANG LEBARAN POLRES JEMBER SIAP LAKUKAN PENGAMANAN




SRJ NEWS - Menjelang Idul Fitri yang sebentar lagi ,Hari ini, Rabu (6/6/2018), Polres Jember menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2018 di Alun-alun Kabupaten Jember. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.
Kapolres  Jember AKBP Kusworo Wibowo menyampaikan, operasi ketupat Semeru 2018 ini merupakan operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan serentak diseluruh Polda jajaran. Dilaksanakan selama 18 hari, terhitung dari tanggal  7 hingga 24 Juni 2018. Jumlah personil yang dilibatkan sebanyak 359 personil gabungan. Terdiri dari 202 personil Polri dan 157 personil dari instansi samping seperti TNI, Dishub, stake holder terkait dan juga masyarakat.

Menurut Kapolres, rencana operasi disusun berdasarkan evaluasi operasi Ketupat Semeru tahun 2017 dan analisa potensi gangguan kamtibmas tahun 2018. Sehingga ada 4 potensi kerawanan yang harus diwaspadai dalam pelaksanaan operasi ketupat Semeru 2018 ini. Yakni, persoalan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang Idul Fitri, kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri, bencana alam dan gangguan kamtibmas seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong dan begal, serta persoalan terorisme.

Khusus untuk ancaman terorisme, Kapolres menerangkan, kepolisian telah melakukan upaya antisipasi dengan meningkatkan deteksi intelijen yang diimbangi dengan penegakan hukum, mengoptimalisasi pengamanan dengan Satgas anti teror, serta memperketat pengamanan di tempat-tempat ibadah, pusat-pusat keramaian, Mako Polri, dan meningkatkan aspek keselamatan personil pegamanan. Dalam melaksanakan pengamanan petugas kepolisian yang bertugas nantinya akan diberi pendampingan personil bersenjata. Selain itu juga dengan melakukan koordinasi dengan  TNI

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.