Header Ads

BAWASLU AWASI PELAKSANAAN PELGUB DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN JEMBER

 
 
 
SRJ NEWS - Menyikapi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jember berjalan dengan lancar. Namun  demikian, Bawaslu Kabupaten Jember terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada di Lapas agar warga binaan dapat menyalurkan hak suaranya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Devi Aulia Rahim, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Jember mengatakan, sejauh ini seluruh warga binaan Lapas Jember sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan bisa menyalurkan hak suaranya.

Meskipun tidak  ada temuan yang mencurigakan saat berlangsungnya proses penyaluran suara pada Rabu (27/6/2018), namun Bawaslu Jember memberikan titik  fokus pengawasan terhadap Narapidana yang baru masuk Lapas dan tidak memiliki identitas atau tidak masuk dalam DPT. Sehingga  harus dilakukan  pengecekan ulang apakah semua penghuni LAPAS sudah terdaftar sebagai pemilih.

Lanjutnya, bagi penghuni Lapas yang tidak memiliki identitas dan belum masuk DP, maka yang bersangkutan tidak akan diperbolehkan untuk memilih. Hal ini akan disama ratakan dengan pemilih pada umumnya dan mengikuti prosedur yang seharusnya. Selain itu, bagi yang punya identitas tetapi belum terdaftar, nantinya akan diberi kesempatan untuk bisa mencoblos dengan menggunakan form Daftar Pemilih Tambahan (tim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.