Header Ads

PG SEMBORO LAKUKAN PROSESI SELAMATAN PETIK TEBU MANTEN


PG Semboro Lakukan Prosesi Selamatan Petik Tebu Manten
Seperti biasanya Pabrik Gula (PG) Semboro Jember setiap buka giling selalu menggelar acara perayaan selamatan.
Pg semboro giling pertama tahun1928 pada wktu itu setiap akan buka giling selalu diadakan perayaan selamatan petik tebu manten dengan harapan hasil yang dapatkan nantinya melimpah, lancar dan tidak ada halangan sedikitpun,”kata General Manager PG Semboro, Agus Setyono seusai menggelara acara selamatan petik tebu manten, di HGU Desa Tutul, Kecamatan Balung, Senin (22/5/2017) pagi.
Sebagai tradisi pengantin tentunya ada laki laki dan perempuan, yang laki laki bernama Raden Bagus Rosan dan untuk perempuan bernama Dyah Ayu roromanis.
“Untuk membedakan laki laki dan perempuan, tebu laki laki diberi asesoris keris, sedangkan tebu yang perempuan diberi asesoris bunga melati,”terangnya.
Dimusim giling tahun 2017-2018 kali ini kita petik tebu manten di kebun HGU desa tutul, kecamatan balung, menggelar doa bersama menggunakan bahasa jawa sebagai tradisi dan tidak ketinggalan pula berdoa menurut agama islam.
Tahun ini tebu yg akan digiling kurang lebih 9.300 ton dan sasaran gula 7.648 ton,”pungkasnya.
Pantauan wartawan dilapangan, ada 18 petik tebu manten atau 9 pasang petik tebu manten yang dibawa ke Pg semboro dengan arak arakan puluhan mobil yang dihias seperti pengantin adat jawa yang diiringi hiburan musik tradisional banyuwangi atau kuntulan yang dijawal karyawan Pg semboro dengan mengenakan pakaian tradisional madura. (myn/mlj)

Sumber:http://www.titik0km.com/pg-semboro-lakukan-prosesi-selamatan-petik-tebu-manten.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.