Header Ads

HARGA KAMBING DIJEMBER ANJLOK, PETERNAK MENGELUH

Harga Kambing di Jember Anjlok, Peternak Mengeluh

berita terkiniTurunnya harga kambing siap potong di Kabupaten Jember yang kian menurun dikeluhkan sejumlah peternak kambing, pasalnya sampai hari ini, Minggu (5/4), harga kambing siap potong di pasaran hanya Rp 700.000 per ekor.
Sebelumnya, harga kambing super lokal bisa tembus angka Rp 1.500.000 per ekor. Namun, pada bulan ini anjlok menjadi separuh harga.
"Kami yang jelas merugi, kambing saya satu kandang ini kalau saya jual pada pedagang, rata-rata paling mentok ditawar Rp 600.000 per ekor itu yang kwalitas super," kata Andi salah seorang peternak asal Desa Slateng.
Dirinya mengaku, kalau dikalkulasi dengan biaya pakan rumput. Hasilnya sangat jauh dari harapan. "Beruntung rumput kami dapatkan dari kebun sendiri, kalau kita beli sama tukang rumput, kita sangat kalah," ujarnya.
Bukan hanya dirinya, banyak peternak lain berharap, harga kambing bisa stabil kembali seperti harga ternak lain.
"Jika dibandingkan, harga sapi masih tetap standart, turunnya tidak separah harga kambing, semoga cepat stabil," pungkasnya.
Yusril Huda (45), salah seorang pengamat perdagangan hewan di Jember membenarkan kalau harga kambing mengalami penurunan drastis.
"Banyak faktor yang mempengaruhi. Selain permintaan daging yang rendah di lapangan, juga minat masyarakat lebih memilih daging ayam," jelasnya.
Pada tahun sebelumnya, lanjut Yusril, harga kambing sempat naik menjelang hari raya Idul Adha, setelahnya semakin anjlok turun.
"Kami juga tidak yakin, menjelang bulan Ramadhan harga kambing akan naik. Karena daging sapi masih lebih banyak diminati," tambahnya.
Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini berharap, peran pemerintah untuk menyetabilkan kembali harga. Agar harga kambing kembali naik.
Sumber :http://m.suarajatimpost.com/read/6230/20170507/150433/harga-kambing-di-jember-anjlok-peternak-mengeluh/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.