Header Ads

SISWA DI JEMBER ANTUSIAS BELAJAR PEMADAM KEBAKARAN

Siswa Antusias Belajar Padamkan Api

Siswa Antusias Belajar Padamkan Api
JEMBER – Sedikitnya, 24 murid SD Pelita Hati mendatangi kantor Pemadam Kebakaran (PMK) kemarin (31/3). Mereka belajar mengenal alat pemadam kebakaran. Bahkan,  langsung melakukan praktik memadamkan api di halaman kantor PMK. Sekolah mengenalkan kesiapsiagaan bencana kebakaran sejak dini.
Kepala Sekolah SD Pelita Hati Ribka Utami mengatakan murid yang ikut praktik padamkan api masih  kelas dua. Mereka datang dengan semangat untuk belajar tentang upaya pemadaman bencana kebakaran. “Tujuannya untuk mengetahui secara langsung tugas pemadam kebakaran,” katanya.
Dia menambahkan praktik yang dilakukan oleh anak-anak SD Pelita Hati dengan didampingi petugas PMK.  Petugas PMK memberikan pemahaman cara yang benar memadamkan api. Sehingga ketika terjadi bencana, bisa cepat melakukan pemadaman.
Sementara itu, Sugeng Prayitno, Kepala Unit Pemadam Kebakaran (PMK) Jember memperkenalkan semua peralatan pemadam kebakaran pada pelajar. Bahkan, kantornya seringkali menjadi tempat belajar anak-anak.
Beberapa alat pemadam kebakaran yang dipelajari mulai dari baju anti panas, helm, sepatu, kapak, linggis dan lainnya. Satu persatu alat tersebut diperkenalkan akan nama dan fungsinya. Selain itu, juga disampaikan agar mereka tidak bermain-main dengan api.
            Unit PMK sendiri memiliki progaram pelitaku, yakni Pelatihan dan wisata kunjungan. Selama ini, banyak lembaga sekolah yang datang belajar tentang bencana kebarakan. Mereka ditekankan agar bisa mencegah jumlah kebakaran, seperti tidak menyalakan petasan, bermain korek api dan lainnya. (gus/aro/har/jawapos.com)
Sumber :http://radarjember.jawapos.com/read/2017/04/01/2390/siswa-antusias-belajar-padamkan-api 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.