Header Ads

ANGKAT KEARIFAN LOKAL MELALUI PHOTOGRAPY

Angkat Kearifan Lokal

 Angkat Kearifan Lokal
 Puluhan karya fotografi mahasiswa IAIN Jember dipamerkan di ruang bawah gedung kuliah terpadu, kemarin (12/4). Ada 100 foto-foto menarik yang dipajang yang mengangkat kearifan lokal Jember. Mulai dari human interest hingga landscape.
 
Pameran itu diselenggarakan oleh Hashtag Fotografi IAIN Jember. Yakni komunitas mahasiswa IAIN Jember yang tertarik di fotografi. “Kami ingin explore Jember, karena banyak kearifan lokal,” kata ketua Komunitas Hashtag fotografi, Ahmad Hisyam.
 
Meskipun komunitas baru, namun kreativitas mahasiswa untuk berkreasi cukup banyak. Berbagai kegiatan pameran karya dilakukan.  “Selain pameran, kami juga menyelenggarakan workshop dan lomba fotografi,” terangnya,
Mahasiswa fakultas dakwah IAIN Jember tersebut mencontohkan, potret para nelayan di Kecamatan Puger menjadi objek foto para  mahasiswa. Sebab, banyak pesan yang bisa disampaikan dari aktivitas seorang nelayan. Tak hanya disana, di semua sudut Jember memiliki kearifan lokal.
Hashtag fotografi baru berdiri tahun 2016 lalu, mereka mengangkat tema kearifal lokal Jember menyapa untuk lomba yang diselenggarakan se Tapal Kuda. Sedangkan tema pameran sendiri adalah Imaji Lensa Indonesia. “Misal foto tentang keberagaman agama di Indonesia,”” tambah Wildan Dwi Zainur Reza, ketua panitia.
Semua hal tentang Indonesia bisa dipotret dan dipamerkan dalam event tersebut. Sehingga, ada berbagai genre foto yang dipajang oleh mahasiswa. “Minat mahasiswa IAIN Jember di bidang fotografi masih rendah,” akunya.
Sebab, banyak yang belum tertarik untuk belajar tentang dunia fotografi. Mereka masih kurang peduli pentingnya keindahan fotografi. Sehingga, hashtag mencoba mengawali agar seni fotografi berkembang di IAIN Jember. “Setiap sebulan kami belajar hunting foto dua kali,” tuturnya.
Selain itu, juga rutin melaksanakan diskusi dan sharing tentang fotografi. Harapannya, bakat fotografi bisa terus berkembangan karena diasah dan diberi wadah.  (gus/hdi/har/jawapos.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.