Header Ads

SANTRI NURIS JUARA 2 LKTI KESEHATAN DI UB


Santri Nuris Juara II LKTI Kesehatan di UB
JEMBER – Tiga santri Ponpes Nurul Islam (Nuris) Antirogo kembali meraih prestasi yang membanggakan. Yakni juara dua Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasionanal di Universitas Brawijaya pada September 2016 lalu. Mereka adalah Akhsan Afano, Siti Devia dan Dinda Dwi PR.
Ketiga santri tersebut mampu mengalahkan sekolah ternama lainnya dalam event Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya (UB) Malang. Tema yang diangkat oleh mereka adalah peran generasi muda untuk masa depan emas.
“Kami mencoba mengangkat house of TB invection, atau rumah penderita TB,” kata Akhsan . menurut dia, TB masih menjadi masalah besar di Jember. Bahkan, merupakan penyakit mematikan nomor dua di dunia.
Untuk itulah, ketiga santri itu ingin mencari solusi atas permasalahan tersebut. Yakni dengan membuat sistem rumah TB. Yakni program yang dibuat untuk mengetahui kondisi daerah yang banyak penderita TB. “Ada kerjasama dengan Puskesmas, sehingga penderita TB didampingi sampai sembuh,” jelasnya.
Para pelajar Madrasah Aliyah Unggulan Nuris itu juga membuat geographic information system, yakni aplikasi yang bisa menunjukkan rumah-rumah yang ada penderita TB. Kreatiftas yang ditampilkan pada dewan juri membuat mereka meraih juara. Dari 130 peserta, mereka masuk semifinal hingga kemudian meraih juara dua.
Pengasuh Ponpes Nurul Islam Gus Robith Qosidi menambahkan, para santri di ponpes tersebut juga diberi wadah untuk mengembangkan kemampuan riset. Para santri dipilih yang memiliki bakat sehingga diasah oleh para pembinanya. 

Sumber:http://radarjember.jawapos.com/read/2017/04/26/2548/santri-nuris-juara-ii-lkti-kesehatan-di-ub

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.