Header Ads

BANJIR BANDANG RENDAM RATUSAN RUMAH WARGA DI SUMBERBARU - JEMBER

Bencana banjir kembali melanda wilayah Jawa Timur. Kali ini, banjir merendam Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. Sebanyak 1.105 rumah yang berada di dua dusun dan tiga desa di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang ini terendam banjir.


Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo mengatakan, berdasarkan laporan dari tim BPBD Jember, banjir bandang di Desa Yosorati juga telah mengakibatkan banjir di sejumlah desa tetangga.

“Dampak yang ditimbulkan juga sama seperti di Desa Yosorati, ratusan rumah terendam banjir. Tercatat di Desa Sumberagung ada 900 rumah terendam banjir yang berada di dua dusun, yakni Dusun Tambakrejo dan Dusun Tunggangan,” kata Heru, Senin (3/4/2017).

(Baca: Usai Banjir Bandang, BPBD Mojokerto Bangun Tanggul Bambu Darurat)
Selain itu, banjir juga merendam puluhan rumah di Desa Jatiroto.
“Tercatat ada 20 rumah yang terendam banjir, dan jika ditotal jumlah rumah yang terendam banjir di Desa Yosorati, Sumberagung, dan Desa Jatiroto ada 1.105 rumah,” sebutnya.
Banjir genangan tersebut disebabkan oleh pertemuan dua sungai antara Sungai Tanggul lama dan Sungai Jatiroto yang tidak kuat menahan debit air akibat hujan deras.
“Debit air terlalu tinggi karena derasnya hujan yang berlangsung cukup lama. Sehingga ketinggian air yang mula-mula 30 sentimeter, dengan cepat menjadi setinggi 2 meter,” ucapnya.
Beruntung banjir tersebut tidak menyebabkan korban jiwa.
“Alhamdulillah tidak ada korban, karena masyarakat sudah dapat mengantisipasi dengan cepat saat terjadinya banjir tersebut,” kata Heru.
Upaya penanganan dilakukan tim reaksi cepat BPBD Jember bersama Koramil, Kapolsek, dan Muspika setempat.
“Kami meninjau lokasi dibantu tim relawan yang lain dengan membantu proses evakuasi. Pendataan rumah yang terendam banjir, memberikan bantuan logistik berupa nasi bungkus, paket tambahan gizi, dan lauk pauk, serta pemberian paket peralatan kebersihan. Sekaligus kami semua juga membantu proses bersih-bersih rumah yang terdampak rendaman,” terang Heru.(dtc/ziz)

Sumber :http://globalindo.co/banjir-bandang-di-jember-rendam-1-105-rumah-warga/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.