Header Ads

JALUR UMPN POLIJE SEDIAKAN BIDIKMISI

Jalur UMPN Polije Sediakan Bidikmisi
Penerimaan mahasiswa baru (maba) Politeknik Negeri Jember (Polije) jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) telah dimulai Senin (17/4) kemarin. Jalur UMPN merupakan jalur penerimaan maba melalui ujian tulis bersama-sama 43 Politeknik Negeri se-Indonesia.
Syarat pendaftar jalur UMPN adalah lulusan SMA/SMK/MA dan Paket C semua jurusan dan umur pendaftaran per 1 September 2017 maksimal 24 tahun. “Ini kesempatan emas bagi lulusan SMA/SMK/MA dan Paket C lulusan beberapa tahun sebelumnya untuk bersaing menjadi mahasiswa kampus vokasi unggulan di Indonesia,” kata Abi Bakri, Wakil Direktur Bidang Akademik.
Menurut dia, jalur UMPN dapat dimanfaatkan juga bagi lulusan yang sudah tidak bisa mendaftar melalui jalur SBMPTN asal umurnya tidak melebihi 24 tahun. Jalur UMPN ini juga menyediakan Bidikmisi (bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa miskin yang berprestasi).
Tata cara mengajukan bidikmisi harus tetap mendaftar secara online ke UMPN melalui laman http://pmb-online.polije.ac.id serta juga harus mendaftar pengajuan bidikmisinya melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id  dengan pilihan Politeknik harus sama yaitu Polije dan tetap melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan pembayaran jalur UMPN.
Informasi mengenai jadual, persyaratan, alur pendaftaran, tatacara pembayaran dan pengisian dapat diperoleh dengan mengunduh informasinya melalui laman UMPN online tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan setiap pendaftar adalah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000 melalui teller Bank BRI dari kantor di seluruh Indonesia.
Untuk lebih memudahkan proses administrasinya, Abi menyarankan, pembayaran hanya dilakukan lewat loket, tidak melalui fasilitas ATM atau e-banking. Langkah selanjutnya proses scan atau memfoto bukti pembayaran bank dan melakukan proses registrasi. Setelah proses registrasi selesai, bagian keuangan akan melakukan verifikasi dan mengirimkan PIN melalui pesan pendek (SMS) nomor telepon selular (HP) pendaftar
Bagi pendaftar yang mengajukan bidikmisi, PIN yang dipakai untuk mendaftar UMPN, bukan PIN bidikmisi, akan tetapi PIN yang diperoleh dari proses registrasi UMPN,” terang Mahsus Nurmanto, Humas Polije.
Dengan PIN yang sudah diterima, pendaftaran selanjutnya melakukan proses pendaftaran mulai mengisikan data diri, nilai ijazah, data orang tua, pilihan program studi, dan mengunggah file data scan ijazah dan foto diri. “Kami beritahukan bahwa kapasitas file data scan baik ijazah maupun pas foto maksimal 300 kb,” imbuh Mahsus.
Langkah terakhir setelah melakukan penyimpanan data entry, peserta dapat mencetak kartu peserta. Mata pelajaran yang diujikan meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta IPA Terpadu (Fisika dan Biologi), yang akan dilaksanakan pada 20 Mei 2017. “Asal sekolah dan dari jurusan apa pun boleh mendaftar dan memilih program studi apa pun dari 19 program studi yang ada di Polije,” sambungnya. (kl/har/jawapos.com)

Sumber:http://radarjember.jawapos.com/read/2017/04/19/2514/jalur-umpn-polije-sediakan-bidikmisi/1 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.