Header Ads

KENALKAN PAKAIAN ADAT KEPADA PELAJAR DIFABEL


Kenalkan Pakaian Adat kepada Pelajar Difabel
JEMBER – Puluhan pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Patrang memakai beragam baju adat di sekolahnya kemarin (26/4). Mulai dari baju adat Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, dan lainnya. Mereka belajar kekayaan baju tradisional yang dimiliki oleh setiap daerah di nusantara.
Kepala SLB Negeri Patrang Umi Salma mengatakan, para siswa luar biasa itu dikenalkan dengan pakaian tradisional agar bisa menghargai budaya nusantara. Sebab, bumi nusantara memiliki kekayaan yang luar biasa.
Dengan demikian, diharapkan mereka bisa ikut melestarikannya. “Karena sekarang budaya luar semakin gencar masuk ke Indonesia, lama-lama bisa menghilangkan budaya sendiri,” katanya kepada Jawa Pos Radar Jember.
Menurut dia, siswa yang memiliki kebutuhan khusus seringkali memiliki ingatan yang tajam. Sehingga, baju yang dipakainya akan membekas dan menjadi kebanggaan.
Meskipun terlahir dengan keterbatasan fisik, dia mengatakan, semangat mereka untuk berkembang terus mengalir. Mereka memeragakan pakaian tersebut dalam acara fashion show yang diselenggarakan sekolah untuk memperingati Hari Kartini. Setelah itu, mereka diajak berjalan di sekitar sekolah. “Tujuannya untuk memperkenalkan lingkungan sekitar,” ujarnya.
Peringatkan Kartini itu, lanjut dia, sangat penting. Sebab, Kartini bukan hanya milik orang Jawa, melainkan juga seluruh nusantara. Karena itu, anak-anak tersebut diperkenalkan dengan pahlawan perempuan agar bisa mengambil semangat perjuangannya.
Selain itu, kata perempuan yang akrab disapa Umi tersebut, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme para pelajar. Mereka tetap memiliki jiwa yang nasionalis, meskipun ada keterbatasan fisik. “Apalagi yang tidak ada masalah, wajib memiliki jiwa nasionalisme,” tuturnya.
Melalui kegiatan itu, para siswa difabel bisa memiliki semangat belajar yang tinggi. Sebab, mereka juga memiliki potensi untuk dikembangkan. “Setiap anak terlahir dengan keterampilan masing-masing,” pungkasnya. (gus/c1/har/jawapos.com) 

Sumber:http://radarjember.jawapos.com/read/2017/04/27/2556/kenalkan-pakaian-adat-kepada-pelajar-difabel-/1

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.