Header Ads

INI JADWAL BARU KEBERANGKATAN KERETA

Ini Jadwal Baru Keberangkatan Kereta

Ini Jadwal Baru Keberangkatan Kereta

JEMBER – Bagi masyarakat diharapkan memperhatikan lagi jawal kereta. Pasalnya, ada perubahan jadwal dari sejumlah kereta di PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX Jember. Perubahan jadwal ini berlaku per 1 April 2017 mendatang.
Humas PT KAI Daops IX Jember Luqman Arif menuturkan, perubahan ini berdasarkan keputusan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan surat No. KA.07/SK.332/DJKA/12/16. “Ini sesuai dengan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) mulai 1 April 2017,” jelas Luqman.
Ada tiga rangkaian KA di Daops IX Jember yang mengalami perubahan jadwal perjalanan yakni KA Probowangi, KA Pandanwangi, KA Logawa. “Keberangkatan kereta relasi Banyuwangi - Surabaya itu mundur sekitar 20 menit dari jadwal semula,” jelasnya.
KA Probowangi yang berangkat mulai Stasiun Banyuwangi mengalami perubahan jadwal dari pukul 13.30 WIB menjadi 13.50 WIB.  Sedangkan untuk KA Pandanwangi yang biasanya berangkat di Stasiun Banyuwangi pukul 09.45 WIB mengalami perubahan menjadi pukul 10.00 WIB atau mundur 15 menit jadwal keberangkatannya dari jadwal semula.
Sedangkan KA Pandanwangi yang berangkat pukul 20.00 WIB dari Stasiun Banyuwangi juga mengalami perubahan jadwal menjadi pukul 20.30 WIB atau jadwal keberangkatannya mundur 30 menit dibandingkan jadwal sebelumnya.
Perubahan jadwal perjalanan kereta juga berlaku bagi KA Pandanwangi yang berangkat dari Stasiun Jember dari pukul 04.30 WIB menjadi 05.15 WIB. “Mundur 45 menit jadwal keberangkatannya dari Stasiun Jember,” jelasnya
Yang harus mendapat perhatian serius adalah perubahan jadwal keberangkatan KA Logawa dari pukul 06.10 menjadi 06.00 WIB. Karena memang ada jadwal yang maju sehingga masyarakat harus berhati-hati. Dengan demikian, penumpang harus mengantisipasi perubahan jadwal KA relasi Jember - Purwokerto agar tidak sampai ketinggalan kereta.
Dirinya berharap para penumpang juga mengantisipasi perubahan ini. Terutama yang sudah membeli tiket jauh-jauh hari. Meskipun sebenarnya pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi untuk perubahan jadwal ini.
“Kami sudah mensosialisasikan perubahan jadwal KA tersebut melalui media di tiap-tiap kabupaten seperti Banyuwangi, Jember, Lumajang, Probolinggo, dan Pasuruan,”  terangnya. Bahkan, termasuk spanduk pemberitahuan tentang perubahan jadwal kereta api juga dipasang di 32 stasiun wilayah Daop 9.
Menurut Luqman, perubahan jadwal perjalanan kereta api untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa transportasi kereta api. “Ada beberapa faktor yang mendasari perubahan Gapeka 2017,” jelasnya.
Diantaranya yakni jumlah frekuensi KA, penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dan KA lokal, penyesuaian pengisian air. Serta pencucian kereta di stasiun keberangkatan, serta peningkatan puncak kecepatan perjalanan KA pada petak jalan tertentu.
Beberapa faktor tersebut, lanjut dia, juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna jasa KA dengan tetap memperhatikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang kereta api.
Perubahan beberapa jadwal perjalanan KA, jelas Luqman, diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan moda transportasi massal yang bebas macet, aman, dan nyaman dari moda transportasi darat lainnya. Sehingga tetap menjadi pilihan masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api. (ram/hdi/jawapos.com)

Sumber :http://radarjember.jawapos.com/read/2017/03/31/2381/ini-jadwal-baru-keberangkatan-kereta/1 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.