Header Ads

Pesta Literasi dan Pesta Kopi



Pesta Literasi, Pesta Kopi, Unej, Universitas Jember,

Pameran buku sudah biasa dilakukan di berbagai tempat. Namun, bila pameran dan bazar buku dilakukan bersama kopi, ini baru dilakukan di Jember. Pengunjung yang datang tak hanya bisa melihat dan memilih buku, tetapi juga merasakan secangkir kopi. 
Kegiatan bertajuk Pesta Literasi yang diselenggarakan UPT Perpustakaan Universitas Jember itu berlangsung di halaman perpustakaan, Senin(12/3). Pihak perpustakaan menggandeng Komunitas Jember Koffiesta untuk memeriahkan gerakan literasi tersebut.
Ida Widiastuti, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember mengatakan, pesta literasi itu merupakan salah satu upaya untuk terus menyebarluaskan semangat membaca di kalangan civitas akademika Unej dan masyarakat Jember.
Menurut dia, perkembangan  teknologi informasi yang cepat menuntut pengelola perpustakaan mencari cara unik agar masyarakat cinta membaca. “Era digital ini harus lebih kreatif,” tuturnya. 
Upaya yang dilakukan dengan cara menggandeng komunitas Jember Koffiesta untuk menyediakan kopi kepada para pengunjung. Apalagi, minum kopi sudah menjadi tren para pemuda. “Kami menyediakan 300 gelas kopi gratis, mulai dari kopi Robusta, Arabika, hingga kopi Gayo,” jelasnya. 
Pesta Literasi itu, kata perempuan yang akrab disapa Ida tersebut, dijadikan momen lahirnya Komunitas Sahabat Perpustakaan. Yakni, Komunitas  yang berupaya meningkatkan kemampuan literasi dan menyebarkan budaya membaca kepada masyarakat, di dalam maupun di luar kampus. “Anggotanya terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan kalangan umum,” imbuhnya.
Komunitas tersebut akan melakukan kegiatan seperti kelas literasi berupa online search skill, kelas Inspirasi, talk show, berbagai lomba, optimalisasi sosial media, dan pengolahan perpustakaan berbasis teknologi informasi. “Kami harapkan komunitas ini dapat menjadi ruang bagi civitas akademika Unej dan warga menumbuhkan kemampuan literasi,” paparnya.
Sementara M. Sulthon Masyhud, Wakil Rektor III Unej menambahkan, perpustakaan Unej juga bisa dipakai oleh masyarakat di luar kampus Unej. Warga bisa ikut menikmati fasilitas yang disediakan. Misalnya, membaca di halaman UPT Perpustakaan dengan taman yang representatif. “Atau untuk sekadar bersantai juga bisa,” tandasnya. 

Sumber: https://www.jawapos.com/radarjember/read/2018/03/14/56852/pesta-literasi-dan-pesta-kopi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.