Header Ads

FORUM MAHASISWA BIDIKMISI STIE MANDALA ADAKAN SEMINAR NASIONAL


SRJ News – timbulnya sejumlah permasalahan akibat kesalahan pengelolaan dana Desa, mendorong Himpunan Forum Mahasiswa Bidikmis STIE Mandala Jember memberikan pemahaman dalam pengelolaan dana desa melalui kegiatan Seminar bertemakan ” Lagu Lama Dana Desa Mensejahterakan Siapa, Sabtu (24/3/18), di Auditorium STIE Mandala Jember.
Seminar yang fokus mengulas tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa melalui optimalisasi keuangan Desa, tidak hanya diikuti mahasiswa Bidikmisi saja melainkan Seluruh Mahasiswa yang ada di STIE Mandala  .
Pemateri dari kalangan akademisi STIE Mandala  Mustofa, S.E, M.Si , mengungkapkan, "seminar tentang pengelolaan dana desa sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya aparat desa dalam pengelolaan keuangan Desa secara baik dan benar. Terlebih anggaran pembangunan melalui dana Desa yang dikucurkan pemerintah sangat besar dan berpotensi disalahgunakan.
“Ini penting untuk meningkatkan pemahaman agar Dana desa bisa dikelola secara maksimal, dalam mengembangkan perekonomian masyarakat Desa,” ungkap Mustofa
Saat ini pengelolaan Dana Desa kata mustofa, banyak menimbulkan permasalahan yang berujung pada permasalahan hukum akibat kurangnya pemahaman terhadap pengelolaannya. Ini disebabkan karena kurangnya kemampuan sumber daya manusia di lingkungan Desa, yang benar-benar paham akan proses tatacara pengelolaan hingga pelaporannya.
Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (dispemasdes) Kabupaten Jember Ir. Eko Heru Sunarso, menyambut baik inisiatif Mahasiswa STIE Mandala Jember dalam menggagas seminar ini. Menurutnya sudah seharusnya kalangan akademisi khususnya mahasiswa, dapat turut serta berperan aktif dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat dan aparat Desa terkait optimalisasi keuangan Desa.”pungkasnya (rif)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.