Header Ads

Unik, Santri di Jember Upacara Kenakan Sarung dan Peci


berita terkini

JEMBER,(suarajatimpost.com) - Ratusan santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Kampung Tengah, Sukowono, Jember, adakan upacara pengibaran bendera merah putih peringati HUT RI ke 72 di halaman asrama, mengenakan peci, sarung dan sandal jepit.
"Upacara ini memang sengaja kami gelar agar para santri memiliki jiwa patriotisme. Busananya kita buat alami dunia pesantren, memakai sarung dan kopiah," jelas Rohman, salah seorang panitia, Kamis (17/08) pagi.
Acara yang disiapkan, juga tidak kalah dengan upacara resmi pada umumnya, ada pengibaran bendera, mengheningkan cipta dan rangkaian kegiatan seremonial seperti biasanya.
"Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pondok pesantren yang diadakan secara rutin setiap HUT RI, di dalam pesantren. Tanpa mengurangi isensi nilai peringatan, pesertanya keluarga pesantren dan para santri menetap," tambahnya.
Santri yang sekaligus pegiat sosial di Jember ini juga menyebut, akan terus berkomitmen akan mengadakan kegiatan tersebut dengan ciri khas pesantren.
"Implementasinya, mengajari dan menanamkan agar para santri paham, bahwa kemerdekaan itu diraih dengan perjuangan, dengan berdarah-darah bahkan ribuan nyawa melayang. Tidak langsung enak seperti sekarang," tukasnya.
Yang menarik, di akhir acara ditutup dengan pembacaan tahlil dan do’a bersama, bertujuan mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan.
"Kita jangan sampai lupa pada sejarah, tanpa perjuangan para pendahulu kita bukanlah apa-apa, selayaknya kita panjatkan do'a untuk mereka," tutupnya.

 Sumber : www.suarajatimpost.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.