Header Ads

Angkot Masih Suka Mokong



ABAIKAN RAMBU-RAMBU: Angkutan kota (kleting kuning) banyak yang mengabaikan rambu-rambu lalu lintas. Sudah nyata-nyata ada rambu larangan “S” di bawah jembatan penyeberangan Jompo, namun angkot tetap santai parkir di lokasi itu.


JEMBER – Para sopir angkot (angkutan kota) yang dikenal dengan sebutan kleting kuning masih saja banyak yang mangkal di bawah jembatan penyeberangan Jompo. Padahal, Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Jember sudah lama memasang rambu larangan untuk berhenti, menaikkan atau menurunkan penumpang.
Tetapi larangan dengan dipasang di Jalan Sultan Agung tersebut seperti tak ada gunanya. Karena justru kalangan sopir angkot dengan santai berhenti atau bahkan mencari penumpang di sana.
Para sopir ini, rupanya menunggu calon penumpang yang dari arah Jalan Samanhudi (dari Pasar Tanjung). Karena para pedagang memang banyak yang baru pulang dari Pasar Tanjung.
Bahkan pantauan Jawa Pos Radar Jember kemarin, tiga angkot berhenti  sekaligus untuk menunggu calon penumpang. Bahkan kadang-kadang 4 atau 5 angkot berjejer menunggu penumpang di sekitar rambu:  S. ”Padahal sebelum Dinas Perhubungan Jember memasang rambu S , sebelumnya pernah dipasang rambu P. Artinya semua kendaraan dilarang parkir di bawah jembatan Jompo,” kata Johan, salah satu warga setempat.
Dengan banyaknya para sopir angkot yang mokong dari berbagai jurusan ini, dia ingin agar rambunya dibongkar atau dibuang saja. ”Sekalian para sopir dengan leluasa parkir angkot\ atau ngetem menunggu calon penumpang,” jelasnya.
Menurutnya, sopir angkutan yang sering parkir biasanya lin jurusan Tawangalun – Arjasa. Bahkan ada lin yang memarkir angkotnya persis di bawah rambu yang dipasang Dinas Perhubungan. ”Seharusnya sopir memiliki rasa malu agar kondisi jalan tetap nyaman dan aman,” lanjutnya.
Yang nggak dia pahami, dulu kawasan itu pernah dijaga. Sehingga tertib sementara. Namun ketika penjagaan longgar, para sopir angkot (lin) kembali melanggar rambu lalu lintas. ”Kalau nggak ada fungsinya, rambu itu dibuang saja,” ujarnya.
(jr/jum/hdi/das/JPR)

Sumber: www.radarjember.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.