Header Ads

Ini Mahasiswa Kedokteran Termuda Universitas Jember Angkatan 2017


Ini Mahasiswa Kedokteran Termuda Universitas Jember Angkatan 2017 
Salma Naqiyah Tirtadevi tercatat sebagai mahasiswa termuda yang menempuh pendidikan di Universitas Jember (Unej) angkatan 2017. Saat ini, usia Salma belum genap 17 tahun sehingga dinobatkan sebagai mahasiswa termuda.

Saat ditemui di sela-sela mengikuti upacara pelantikan mahasiswa baru Unej di stadion kampus setempat, Senin (14/8/2017), alumni SMA Negeri SMA Negeri 1 Malang ini terlihat memakai seragam putih hitam, layaknya mahasiswa baru lainnya.

Mahasiswa asal Kota Batu ini dinilai membanggakan, karena di usianya Ia diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Fakultas Kedokteran. Putri pertama pasangan Fatra Adjie Iswara dan Riafita Dyah Isworini ini bersyukut bisa diterima di Unej, apalagi di Fakultas Kedokteran.

“Alhamdulillah, cita-cita untuk kuliah di Fakultas Kedokteran akhirnya tercapai,” ujarnya.

Salma mengaku memilih Fakultas Kedokteran Universitas Jember karena mengikuti saran kedua orang tuanya yang asli Jember. “Selain itu karena biaya Fakultas Kedokteran di Universitas Jember masih terjangkau oleh orang tua,” katanya.

Salma memilih Fakultas Kedokteran, karena menurutnya dengan menjadi dokter dirinya akan mampu berperan dalam kehidupan seseorang. Putri pasangan PNS di Kota Batu yang lahir tahun 2000 lalu ini memang tergolong siswi berprestasi saat sekolah, buktinya masa sekolah di SMP Ia tempuh hanya dua tahun karena ikut kelas akselerasi.

Ketika ditanya apa resep suksesnya, gadis yang hobi membaca dan menari ini hanya menjawab belajar dan berdoa. “Belajar harus teratur dan diniati ibadah, jangan lupa berdoa,” katanya.

Ketekunan dalam belajar inilah yang mampu membawanya menembus ketatnya persaingan di SBMPTN. Salma juga sudah mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kampus, utamanya kesiapan mental.

“Kuliah di Fakultas Kedokteran pasti disibukkan dengan banyak tugas, tapi saya sudah siap. Apalagi pesan dari orang tua untuk giat belajar dan mandiri agar sukses,” tutur gadis yang lahir 11 September ini.

Prestasi Salma ini mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, salah satunya dari Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember. Menurutnya untuk masuk ke Fakultas Kedokteran perlu perjuangan mengingat animo peminat yang selalu membludak tiap tahunnya.

“Tahun ini Fakultas Kedokteran Universitas Jember hanya menerima 131 mahasiswa baru. Untuk kelompok ujian Sains dan Teknologi, angka keketatan tertinggi diraih oleh Fakultas Kedokteran. Sementara untuk kelompok ujian Sosial Humaniora juaranya diraih oleh Program Studi Hubungan Internasional FISIP,” ujar Agung, menjelaskan. (*) 
 
Sumber:http://www.penanusantara.id/main-desktop/berita_detil-1115-detil.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.