Header Ads

Seru-seruan di Lomba Tradisional



DORONG SEKUAT TENAGA: Aneka permainan tradisional dilombakan di ajang HUT RI  yang berlangsung di Alun-alun kota, kemarin. Seluruh kecamatan turut ambil bagian.


Jember – Permainan tradisional tetap menjadi game yang tidak tergantikan. Banyak hikmah yang bisa diambil dari olahraga ini. Mulai dari kebersamaan, kekompakan hingga kepemimpinan. Semangat inilah yang ingin digelorakan oleh para pejabat tingkat kecamatan dan UPTD, di Alun-alun Jember, kemarin (23/8).
”Sangat ramai, lucu dan menghibur. Inilah misi lain kami,” kata Prihastono Rahman, salah satu panitia kegiatan lomba tradisional peringatan HUT RI. Kegiatan itu berlangsung  selama dua hari. Dan baru berakhir kemarin siang.
Ada aneka permainan yang dilombakan. Mulai permainan terompah panjang, dagongan, balap karung dan egrang. Semua terlihat antusias dan kompak untuk berebut juara. “Peserta yang ikut ini dari kecamatan, UPTD dan sekolah,” kata Prihastono Rahman.
Lomba permainan tradisional yang dilakukan selama dua hari tersebut sekaligus untuk meningkatkan kebersamaan para pegawai kecamatan dan sekolah. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Jember. Para peserta menunjukkan kemampuannya dalam permainan terompah panjang. “Dari permainan ini kebersamaan bisa semakin meningkat. 
Kemudian, permainan dagongan juga tak kalah serunya. Mereka bergantian menunjukkan kemampuan terbaiknya. Begitu juga dengan permainan balap karung dan egrang yang tak kalah ramai. “Ini juga agar permainan tradisional terus terjaga, kami lakukan setiap tahun,” tuturnya. 
Dari permainan ini,  semangat nasionalisme diharapkan terus terawat. Sehingga bisa menjaga keutuhan NKRI. Selain itu, juga mampu meningkatkan kerja. “Lomba ini untuk umum dan berusia di atas 16 tahun ke atas,” aku pria yang akrab disapa Anton tersebut.
Dia menilai banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat kerja. Seperti kegiatan yang dilakukannya tersebut. Momentum peringatan HUT RI bisa menjadi wadah untuk menyegarkan semangat kerja.
Selain itu, juga meningkatkan semangat juang untuk meneruskan cita-cita para pendiri bangsa. Yakni menjaga dan merawat keutuhan NKRI. Mengembangakan potensi alam sehingga menjadi negara yang sejahtera. “Kegiatan ini juga menjaga fisik agar selalu sehat,” pungkasnya. 
(jr/gus/hdi/das/JPR)

Sumber: www.radarjember.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.