Header Ads

Urai Macet dengan Optimalkan CCTV


Urai Macet dengan Optimalkan CCTV
JEMBER - Semakin mendekati musim mudik Lebaran, volume kendaraan mulai meningkat di Jember. Dinas perhubungan (dishub) pun, mulai fokus memperhatikan di empat traffic light yang selalu rawan kemacetan. Salah satunya, fokus memantau dengan kamera CCTV.
                Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Jember Leon Lazuardy mengungkapkan, empat titik rawan kemacetan ada di persimpangan Kaliputih, Rambipuji, Mangli, dan Wirolegi. Namun persoalan itu bisa teratasi dengan memantaunya dari studio Traffic Management Center (TMC) yang ada di Kantor Dishub Jember.
                Teknisnya, kata Leon, petugas Dishub yang memantau hingga 24 jam dari layar CCTV di studio TMC, kemudian langsung mengatur traffic light secara manual.
Semisal kemacetan ada di titik arah Surabaya, kemudian jatah lampu hijaunya hanya semenit, maka bisa ditambah sesuai kebutuhan sampai kemacetan berhasil diurai. “Kami tinggal klik dari kantor,” jelasnya, saat diwawancarai Selasa (13/6) kemarin.
Sebelum mengetahui adanya kemacetan, Dishub harus menunggu laporan warga atau petugasnya di lapangan. Setelah itu, mengurai kemacetannya harus turun langsung ke lokasi. “Sekarang tidak lagi. Karena semua sudah terpantau CCTV,” katanya.
Kata Leon, sudah ada 7 traffic light yang terpasang CCTV. Selain empat  di persimpangan yang rawan macet tersebut, traffic light lainnya yang terpantau CCTV seperti di simpang Argopuro, Gladak Kembar dan SMPN 2 Jember. Akhir tahun akan kembali bertambah satu titik. “Lokasinya di persimpangan Mastrip. Saat ini masih proses tender,” ungkapnya. 
upaya sistem yang dibangun Dishub Jember mampu berjalan optimal, pihaknya pun mulai memperbaiki kamera CCTV yang mulai tidak bisa beroperasi secara baik. Seperti kemarin, titik CCTV yang terpasang di simpang Rambipuji, dicek karena mulai tidak begitu berfungsi optimal.
Bukan hanya itu, pengamanan lalu lintas dan transportasi umum di Jember, dishub sudah bekerja sama dengan Satlantas Polres Jember. Bahkan, beberapa pos pantau pengaman Lebaran, juga mulai ditentukan titiknya. “Ya. Kami sudah menjalin sinergi dengan Polres Jember,” akunya.
Sementara Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengaku, telah melakukan survei kondisi jalan menjelang arus mudik Lebaran di beberapa titik bersama Dishub Jember. “Sesuai dengan rencana, akan ada satu titik yang akan kami jadikan pos terpadu. Lokasinya di jembatan timbang barang,” katanya.
Selain itu, pos pengamanan mudik Lebaran 2017, rencananya akan dibangun di sekitaran Jalan Tayeng Sumberbaru, sekitaran jalan Garahan Silo, Wisata Pantai Pancer Puger, Watu Ulo dan Papuma yang ada di Wuluhan. “Sementara untuk pos pelayanannya ada di masing-masing terminal dan stasiun,” imbuhnya.
Khusus pos pantau bersama Dishub Jember, akan didirikan di Simpang Tiga Pondok Dalem Semboro, Alun-Alun Rambipuji, Simpang Empat Mangli, Persimpangan Wirolegi, Gumitir dan di Bandara Notohadinegoro Jember. Selain itu, Dishub Jember juga akan menambah jumlah rambu lalu lintas. (rul/c1/hdi/har/jawapos.com)

Sumber:http://radarjember.jawapos.com/read/2017/06/14/2772/urai-macet-dengan-optimalkan-cctv/2

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.