Header Ads

Gerakan Masjid Jamikku untuk Renovasi Masjid Jamik Jember

Gerakan #MasjidJamikku untuk Renovasi Masjid Jamik Jember
Jember (beritajatim.com) - Wartawan dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam Grup WhatsApp Tokoh Masyarakat Jember menggalang dana untuk renovasi Masjid Jamik Baitul Amin.

Aksi galang dana ini menggunakan tagar #MasjidJamikku. Semuanya diawali dari keprihatinan terhadap kondisi masjid kebanggaan masyarakat Jember yang belum mendapat bantuan sosial hibah dari pemerintah daerah setempat itu. Ada sejumlah titik di masjid itu yang membutuhkan renovasi selain perawatan.

Ketua Yayasan Masjid Jamik Al Baitul Amin Hasin Syafrawi menyambut baik upaya penggalangan dana tersebut. Menurutnya, renovasi dan perawatan masjid tersebut memang membutuhkan dana besar. Biasanya setiap tahun sejak zaman pemerintahan Bupati Abdul Hadi hingga MZA Djalal, yayasan selalu mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jember.

Tahun lalu, bantuan sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember. Namun ternyata tidak dicairkan oleh Bupati Faida. DPRD Jember kemudian kembali menganggarkan dalam APBD 2017. "Informasi yang saya terima sekitar Rp 1 miliar," kata Hasin, Senin (5/6/2017). Namun bantuan itu hingga saat ini belum juga direalisasikan Pemkab Jember.

Bantuan uang dikirimkan ke rekening yayasan. Sejumlah tokoh yang sudah memberikan bantuan itu antara lain Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo, Komandan Distrik Militer 0824 Letnan Kolonel Infantri Rudianto, Kepala Kepolisian Resor Musi Banyuasin Ajun Komisaris Rahmat Hakim, Wakil Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur Ajun Komisaris Sabilul Alif, Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco Hartanto, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Jember Sigit Edi Maryanto.

Ada juga Direktur Operasional PT Perkebunan Nusantara XII Anis Febriantomo, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Malang Cahyaning Indriasari, Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember Ayub Junaidi, Rektor IAIN Jember Babun Suharto, Ketua MUI Abdul Halim Subahar, Ketua Dewan Pimpinan Cabang PPP Jember Madini Farouq, anggota DPRD Jember David Handoko Seto, dan beberapa nama lainnya.

"Saya atas nama Pembina Yayasan Masjid Jamik Al Baitul Amin menyampaikan jazakumullahu ahsanal jaza' atas kepedulian untuk perbaikan fisik masjid. Insya Allah segera kami tindak lanjuti," kata KH Abdullah Syamsul Arifin yang juga Ketua Pengurus Cabang NU Jember ini.

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arif antusias menyambut uluran tangan para tokoh ini. "Alhamdulillah, banyak yang perhatian terhadap masjid. Semoga setelah Ramadan ada langkah kongret untuk Masjid Baitul Amin, salah satu ikon Jember," katanya.

Donasi untuk #MasjidJamikku bisa disalurkan ke rekening Yayasan Masjid Jami' Al Baitu Amien Jember, di Bank Muamalat Cabang Jember, dengan nomor rekening 7310023054. [wir/ted]

Sumber: www.beritajatim.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.