Header Ads

Pendaftaran SBMPTBR Dibuka 5 – 23 Juni 2017


Pendaftaran SBMPTBR Dibuka 5 – 23 Juni 2017
JEMBER – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) resmi dibuka mulai Senin (5/6) hingga 23 Juni 2017 untuk jenjang sarjana. Sementara, jenjang diploma pendaftaran baru dibuka 14 hingga 24 Juli 2017.
 SBMPTBR adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan bersama oleh perguruan tinggi yang ada di Besuki Raya (Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi). Pada pelaksanaan tahun ketiga SBMPTBR ini terdapat 24 perguruan tinggi yang turut berpartisipasi. Yakni, Universitas Jember dan 23 perguruan tinggi swasta (PTS). Bagi Universitas Jember (Unej), jalur SBMPTBR adalah jalur mandiri atau jalur penerimaan mahasiswa baru terakhir pada tahun akademik 2017/2018.
Menurut Agung Purwanto, kepala Humas dan Protokol Unej, keputusan untuk melanjutkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTBR adalah hasil implementasi kerja sama Forum Silaturrahim PTN-PTS se-Besuki Raya. Setelah melalui tahapan evaluasi, model penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan secara bersama seperti SBMPTBR dianggap memberikan banyak manfaat bagi perguruan tinggi yang mengikutinya.  “Bagi perguruan tinggi peserta, SBMPTBR dapat mengukur kualitas input calon mahasiswa yang diterima karena soal ujiannya sama,” ujarnya.
Dia menerangkan, Unej sebagai perguruan tinggi akreditasi A juga membantu pengembangan sistem teknologi informasi penerimaan mahasiswa baru di PTS peserta SBMPTBR. Sementara, bagi peserta SBMPTBR, mendapatkan kemudahan mengikuti ujian di kota-kota yang ada di Besuki Raya.
Khusus untuk Unej, SBMPTBR tahun ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu. Jika pada SBMPTBR tahun sebelumnya mahasiswa baru wajib membayar uang kuliah tunggal (UKT) yang sudah ditentukan jumlahnya, tahun ini  mahasiswa baru yang diterima dari jalur ini menggunakan skema UKT yang sama dengan mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.
Untuk diketahui, ada enam kelompok besaran UKT. Bedanya, selain membayar UKT, mahasiswa baru dari jalur SBMPTBR wajib membayar sumbangan pengembangan institusi (SPI). “Dalam SBMPTBR 2017, Universitas Jember membuka dua program studi baru yang bisa dipilih, yakni Program Studi Perencanaan Wilayah Kota di Fakultas Teknik dan Pendidikan Geografi di FKIP,” ungkapnya.
Khusus bagi calon peserta SBMPTBR yang memilih Program Studi PGSD FKIP dan Ekonomi Syariah FEB, perkuliahan akan dilaksanakan di Kampus 2 Universitas Jember di Bondowoso. Unej bakal menerima 20 persen mahasiswa barunya dari jalur SBMPTBR.        
Pendaftaran SBMPTBR dilakukan secara online, dimulai calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri dengan menggunakan nomor induk kependudukan sebagai syarat pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melakukan pendaftaran dengan cara login melalui sbmptbr.unej.ac.id. Setelah membayar, maka calon peserta akan mendapatkan PIN untuk mendaftar online.
“Dalam SBMPTBR hanya ada dua pilihan kelompok ujian, Sains Teknologi dan Sosial Humaniora. Setiap peserta dapat memilih empat program studi dari tiga perguruan tinggi peserta SBMPTBR. Tahun ini panitia juga menyelenggarakan ujian berbasis komputer dalam SBMPTBR. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi pusat informasi SBMPTBR 2017 yang dibuka di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Jember dan PTS peserta SBMPTBR,” pungkas dosen FISIP Unej ini. (kl/aro/c1/har/jawapos.com) 

Sumber:http://radarjember.jawapos.com/read/2017/06/07/2745/pendaftaran-sbmptbr-dibuka-5-23-juni-2017-/2

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.