Header Ads

“Cegah Persekusi Polres Jember adakan Seminar”

Polres Jember News – Pada hari Kamis (08/07/2017) Polres Jember telah mengadakan seminar dalam rangka “Mencegah Persekusi Dalam Rangka Memelihara Keamanan dan Ketertiban Kabupaten Jember”. Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo S.H., S.Ik., M.H., hadir langsung dan menyampaikan kepada audience yang hadir pada siang itu. Dalam seminar ini hadir pula Muspida Kab. Jember serta instansi terkait. Selain itu Polres Jember juga mengundang 3 orang Narasumber yaitu :
1. Dekan Fak. Hukum Unej Dr. Nurul Gufron, S.H., M.H.
2. Dekan Fak. Fisip Unmuh dr. Emy Kholifah, M.Si.
3. Kasat Reskrim AKP Bambang Wijaya, S.T., M.M.
Dalam kesempatan ini Kapolres Jember memaparkan apa itu persekusi, persekusi merupakan perlakuan buruk atau penganiayaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, khususnya karena suku, agama, atau pandangan politik. Persekusi adalah salah satu jenis kejahatan kemanusiaan yang didefinisikan di dalam Statuta Roma Mahkamah Pidana Internasional. Persekusi tersebut tidak akan muncul dengan sendirinya tanpa adanya faktor pemicu seperti halnya salah seorang menyebarkan berita bohong dengan memposting yang berisi gunjaran kebencian kemudian dibaca oleh orang lain sehingga pembaca tepengaruh dengan berita tersebut.
“Cara yang benar apabila kita menemukan postingan yang rawan persekusi dapat dilakukan somasi terlebih dahulu, kemudian mediasi secara damai apabila mediasi tak berhasil laporkan pada polisi lalu awasi jalannya hingga ke pengadilan. Selain itu juga perlunya pengendalian diri kemudian kita juga harus memiliki sikap tegas. Kita juga harus cerdas dalam intelektual, spiritual dan emosional,” ujar Kapolres Jember.
Pola persekusi ini memiliki 4 tahapan antara lain :
1. Mentrackdown identitas orang – orang yang menghina seseorang atau kelompok.
2. Mengintruksikam massa untuk memburu target yang sudah dibuka identitas, foto, alamat kantor/ rumah.
3. Aksi gruduk ke kantor atau rumahnya oleh massa.
4. Selanjutnya dibawa ke pihak yang berwajib yaitu Polisi.//Fridahuma
 
Sumber:https://tribratanewsjember.net/2017/06/08/cegah-persekusi-polres-jember-adakan-seminar/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.