Header Ads

POLRES JEMBER BURU 4 DEBT KOLEKTOR PELAKU PENGANIYAYAAN

 
Polres Jember saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap empat orang yang diduga debt collector, pelaku penganiayaan terhadap pengendara honda brio yang juga salah satu nasabah leasing. Demikian disampaikan Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo ketika dikonfirmasi melalui telefon selularnya Rabu siang.
Menurut Kusworo, Rabu siang seorang pengendara mobil brio merah di hadang oleh empat orang debt collector tepat lampu merah di perempatan Mangli. Keempat pelaku kemudian meminta uang damai kepada pengendara brio. Jika tidak pelaku mengancam akan merampas kendaraannya karena nunggak cicilan selama beberapa bulan.
Karena korban juga menolak memberikan sejumlah uang damai, keempat pelaku naik pitam, dan salah satu debt collector memukul leher dan menendang korban. Untungnya tepat di belakang pengendara brio ada anggota Reksrim Polsek Kaliwates. Namun saat akan ditangkap keempat debt collector tersebut berhasil melarikan diri.
Untuk kasus ini Kusworo menjelaskan, berdasarkan keterangan korban saat berbicara dengannya melalui handphone kapolsek, pelaku bisa dijerat 351 KUHP tentang penganiayaan dan bisa dilakukan penahanan. Untuk itu dalam waktu dekat dirinya akan langsung memanggil pimpinan leasing tempat korban kredit, untuk meminta informasi tentang identitas pelaku yang sempat difoto oleh warga, dan saat ini sudah ditangan penyidik. Jika identitas pelaku sudah diketahui, Kusworo memastikan akan menangkap dan melakukan proses hukum tegas terhadap pelaku.
Lebih jauh Kusworo menjelaskan, apapun alasannya meski dengan membawa surat tugas dan sertifikat fidusia, debt collector tidak dibenarkan menghadang dan merampas motor di jalanan. Karena persoalan ini sudah menjadi keresahan masyarakat luas, untuk menghindari peristiwa serupa Kusworo berencana akan memanggil semua pimpinan leasing di Jember. Sebab jika terbukti menyuruh, maka pimpinan leasing juga bisa di jerat pasal 55 KUHP tentang turut melakukan atau menyuruh melakukan sebuah tindak pidana,

Sumber:http://www.kissfmjember.com/2017/06/14/polres-jember-buru-4-orang-debt-collector-pelaku-penganiayaan-terhadap-nasabah-leasing.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.