Header Ads

SMAN 1 KENCONG FASILITASI SISWA BELAJAR BERWIRAUSAHA


SRJ NEWS - Entrepreneur atau Wirausaha itu di bentuk melalui mindset yang tepat serta di tanamkan pada diri seseorang sedini mungkin, begitu halnya dengan yang di lakukan oleh SMAN 1 Kencong - Jember kepada para peserta didiknya. Bertempat di aula Sekolahnya pada Jum'at 3 Agustus 2018 SMAN 1 Kencong mengadakan  acara seminar motivasi berwirausaha dengan tema " Siswa SMA Berwirausaha Itu Keren " bagi siswa kelas X ( sepuluh ).


Dalam acara tersebut SMAN 1 Kencong mengundang team Komunitas Wirausaha Jember ( KWJ ) sebagai narasumber guna memberikan motivasi serta pembekalan ilmu dasar kewirausahaan serta sosialisasi mengenai usaha budidaya, salah satunya budidaya ikan lele sehat, budidaya cacing dan budidaya jamur.


Menurut koordinator bidang kewirausahaan SMAN 1 Kencong, Imam Wisnanto, MPd.  Acara tersebut di adakan bertujuan untuk memotivasi para siswa agar tertarik untuk berwirausaha dan memiliki mindset yang tepat dalam  Wirausaha, diharapkan nantinya mereka dapat menjadi seorang Wirausahawan yang handal dan  tahan banting. Guna merealisasikan Progam tersebut SMAN 1 Kencong mengelompokkan siswa kelas X menjadi 40 kelompok, dan memfasilitasinya masing - masing kelompok dengan modal Rp 1.000.000,- dengan sistem pinjaman yang nantinya harus di kembalikan oleh kelompok dari hasil usahanya tersebut, serta dana tersebut bisa bergulir untuk di pinjamkan kembali pada adik kelas mereka di tahun mendatang, dengan harapan uang tersebut bisa di jadikan modal awal setiap kelompok siswa tersebut untuk belajar berwirausaha sesuai dengan inspirasi bidang usaha masing - masing.


Lanjut menurut Imam Wisnanto, MPd. SMAN 1 Kencong juga telah memiliki alat penggoreng otomatis yang bisa di gunakan oleh para kelompok siswa untuk memproduksi produk olahannya, dan Itu salah satu fasilitas penunjang selain dari modal uang yang di berikan pada kelompok siswa.


Untuk team Komunitas Wirausaha Jember di hadiri langsung oleh Agus Effendy atau yang lebih familier di sapa Bung Laros selaku Ketua Umum KWJ dan David Iswanto ( Anggota KWJ ), dalam kesempatan tersebut Bung Laros menekankan bahwasanya untuk menjadi seorang Wirausahawan kita harus membuang jauh - jauh yang namanya blocking mental, yaitu ketakutan untuk memulai, khawatir untuk memulai serta sulit untuk memulai, banyak orang yang ingin berbisnis, namun ketika serius berpikir tentang keinginan tersebut ia kembali mengurungkan niatnya, pasalnya, sering muncul kebingungan di benak mereka.


Serta Bung Laros juga mengapresiasi langkah Progam SMAN 1 Kencong yang memberikan Progam kewirausahaan bagi para siswanya yang notabene sebagai sekolah menengah umum namun justru tidak mau kalah dengan sekolah kejuruan. Bung Laros juga berharap Progam - Progam seperti ini juga bisa berkembang di sekolah - sekolah menengah umum yang lainnya, sehingga  diharapkan kedepan sekolah bukan lagi hanya memproduksi calon - calon tenaga terdidik ( karyawan ) namun sekolah juga bisa di harapkan untuk melahirkan majikan - majikan terdidik ( Wirausahawan ). (yunk)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.