Header Ads

TIM KESENIAN SMPN 1 TANGGUL TAMPILKAN ENAM KESENIAN DAERAH DALAM AJANG PANDHALUNGAN NIGHT SHOW



  Enam Kesenian Ditampilkan SMPN 1 Tanggul
JEMBER – Ajang seni budaya Pandhalungan Night Show (PNS) yang digelar Jawa Pos Radar Jember Jumat malam (10/2) mendatang di kawasan Jember Edu Garden (JEG) memasuki kegiatan ketiga kalinya. Berbagai penampilan terbaik telah disiapkan panitia bersama seniman dan budayawan.
Tim kesenian dari SMPN 1 Tanggul juga akan show of force dengan menampilkan enam kesenian sekaligus dalam ajang bergengsi tersebut. “Sudah persiapkan dengan matang penampilan terbaik kita demi kemajuan seni budaya di Jember,” ujar Ghozali, kepala SMPN 1 Tanggul di sela-sela mendampingi latihan siswanya.
       Dijelaskan, enam kesenian yang ditampilkan meliputi kesenian Hadrah dan tari Saman, Dadak Merak, dan Bujang Ganong. Bahkan ada penampilan Giro Reog atau Koor Singo SMPN 1 Tanggul. “Koor Singo SMPN 1 Tanggul ini akan menampilkan lagu-lagu bernuansa islami yang dinyanyikan secara bersamaan diiringi kombinasi antara musik hadrah dan musik jaranan bernada slendro dan pelog,” paparnya. Ditambahkan, Koor Singo ini merupakan sarana untuk pepeling atau pengingat untuk selalu mengingat sang pencipta-Nya.
       Tidak hanya itu, lanjut Ghozali, siswa-siswi SMPN 1 Tanggul juga akan menampilkan kesenian Tari Sekar Jatilan Pego Putri. Tari Sekar Jatilan Pegon Putri ini  akan semakin asyik ditonton karena ada tarian kreasi baru yang  ditampilkan. Belum lagi kesenian Barongan yang juga akan menghiasi semaraknya event Pandhalungan Night Show. “Dalam seni Barongan tercermin sifat-sifat kerakyatan masyarakat, khususnya di pedesaan. Nantinya, seni Barongan ditampilkan siswa-siswi dari keluarga SMPN 1 Tanggul sebagai cerminan sebuah solidaritas, soliditas, serta kekompakan,” tegasnya bangga.
       Untuk diketahui, ajang PNS yang digelar Jawa Pos Radar Jember ini merupakan kolaborasi antara seniman, pelaku usaha, pegiat pariwisata, dunia pendidikan, serta media, dalam upaya turut serta melestarikan seni budaya warisan bangsa.  Selain ada penampilan seni dan budaya dalam ajang PNS, pelaku usaha juga bisa mempromosikan dan mengenalkan berbagai usahanya melalui stand-stand yang dipersiapkan dalam arena event Pandhalungan Night Show. Dipastikan event tersebut akan gebyar dan ramai. Apalagi pelaku seni dan pelaku usaha makin banyak yang mendukung.
Terpisah, Yerri Arintoko Aji, koordinator ajang PNS menegaskan, siapa saja bisa terlibat dalam event PNS yang kali pertama digelar di Jember tersebut. “Bagi pelaku seni budaya yang akan tampil maupun pelaku usaha yang ingin terlibat bisa langsung datang ke kantor Jawa Pos Radar Jember di Jalan A Yani 99 atau bisa menghubungi di Nomor Telepon 082331409409,” tegasnya.
Yerri menambahkan, Pandhalungan Night Show digelar dua minggu sekali, setiap malam Sabtu mulai Januari hingga Maret 2017. “Event ini gratis bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Mari ajak anak-anak menyaksikan ajang ini sebagai sarana mencintai dan melestarikan seni budaya warisan bangsa,” ujarnya. (wnp/c1/hdi/jawapos.com)

(sumber :http://radarjember.jawapos.com) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.