Header Ads

PENDAFTARAN SNMPTN SUDAH DIMULAI


Pendaftaran SNMPTN Sudah Dimulai
Jember – Pendaftaran masuk kampus melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dimulai. Pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan bisa mendaftar melalui sistem online. Namun, proses seleksinya lebih ketat, salah satunya berdasarkan akreditasi sekolah.
“Sekolah dengan akreditasi A, menampung 50 persen siswa,” kata Kepala Humas dan Protokoler Universitas Jember, Agung Purwanto ketika ditemui di ruangnya kemarin (20/2). Sedangkan akreditas B 30 persen, akreditasi C 10 persen dan akreditas D 5 persen.

Menurut dia, proses siswa bisa mendaftar melalui laman SNMPTN, juga bergantung pada akreditasi sekolah. jika tidak memenuhi, maka tidak bisa mendaftar karena terpotong oleh sekolah dengan akreditasi yang lebih tinggi. “Secara sistem akan tertolak sendiri, tidak bisa mendaftar,” ujarnya.

Kesempatan yang bisa diperoleh adalah dengan mendaftar melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan di sejumlah perguruan tinggi. Sehingga tetap ada peluang untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang diinginkan.

Jatah kursi mahasiswa dari jalur SNMPTN di Universitas Negeri Jember tetap seperti dulu, yakni sebanyak 40 persen. sedangkan 30 persen dari jalur SBMPTN dan 20 persen dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi se-Besuki Raya (SBMPTBR). “Jumlah kursi tahun ajaran 2017 di Unej sebanyak 6.195,” aku pria yang akrab disapa Agung tersebut.

Jumlah tersebut bertambah dibanding tahun sebelumnya karena ada lima program studi (Prodi) baru. Yakni prodi Ekonomi Syariah (ES) yang kampusnya ada di Bondowoso. Kemudian Prodi Teknologi Informasi, Pendidikan IPA, Ilmu Tanah, dan Proteksi Tanaman. Jumlah kursi mahasiswa di prodi ES sebanyak dari jalur SNMPTN sebanyak 48. Prodi Pendidikan IPA 40, Ilmu Tanah 20, Proteksi Tanaman 20 dan Teknologi Informasi 40. Sedangkan dari jalur SBMPTN SBMPTBR sebanyak untuk Pendidikan IPA 60, Ilmu Tanah 30, Proteksi Tanaman 30, Teknologi Informasi 60 dan ES 72 kursi.

Disamping itu, sekolah sudah melakukan pengentrian nilai siswa di Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS). Namun untuk jumlah sekolah yang mendaftar di nilai siswa, masih belum mendapat informasi lebih lanjut. Sekolah yang bisa mendaftar merupakan lembaga yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). “Kecuali sekolah tidak bisa mendaftar karena di-black list, karena memalsukan nilai,” pungkasnya. (gus/c1/hdi/jawapos.com)

Sumber :http://radarjember.jawapos.com/read/2017/02/21/2108/pendaftaran-snmptn-sudah-dimulai/1 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.