Header Ads

SISWA SDN BITING 4 TERPAKSA BELAJAR DI TERAS SEKOLAH



Terpaksa Harus Belajar di Teras
JEMBER – Puluhan siswa kelas 1 dan 3 di SD Negeri Biting 04, Desa Biting, kecamatan Arjasa harus mengikuti KBM (Kegiatan belajar Mengajar) di luar ruang kelas (teras). Ini terpaksa dilakukan setelah dua ruang kelas –masing-masing kelas 1 dan kelas 2- rusak parah. Rupanya, kelas tua itu sudah dimakan usia. Bahkan dua ruang kelas tersebut sudah tidak beratap, dan biar tidak membahayakan anak, atap-atap diturunkan oleh pihak sekolah.
Kondisi dua ruang kelas itu memang sangat memprihatinkan. Di ruang kelas 1, bagian tembok sudah terlihat banyak retakan. Bahkan kalau musim hujan selalu bocor. Sehingga sangat mengkhawatirkan bagi siswa saat berada di dalam ruang kelas. Demikian juga kelas 2, yang sangat tidak layak untuk dipakai tempat belajar.
Menurut pihak sekolah, kondisi bangunan mulai parah sejak November 2015 lalu. Saat itu genteng yang dari asbes yang di bagian belakang sudah mulai berjatuhan. ”Sehingga kalau hujan langsung bocor. Pada semester 2, dua ruang kelas itu sudah dikosongkan karena khawatir ambruk,” ujar Hartono, Kepala Sekolah SDN Biting 04 Arjasa, kemarin.
Saat itu pihaknya tidak ingin anak didiknya menjadi korban karena tertimpa bangunan sekolah yang sudah lapuk. Karena itu, seluruh asbes yang masih bisa diselamatkan, disimpan dengan baik oleh pihak sekolah.
Meski genting asbes diturunkan, kerangka dari besi masih dibiarkan di atas tembok. Pihaknya pun sudah mengajukan dua kali untuk perbaikan ke pemkab melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Awalnya pengajuan untuk perbaikan pada tahun 2015 dan akhirnya 2016. ”Tetapi hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk dilakukan perbaikan,” ujar Hartono.
Di sekolah tersebut, jumlah siswa SDN Biting 04 ada sekitar 100 siswa. Dengan rincian, kelas satu ada  17 siswa, kelas dua ada 18 siswa, kelas tiga ada 8 siswa, kelas empat ada 18 siswa, kelas lima 20 siswa dan kelas enam 19 siswa


Sumber :http://radarjember.jawapos.com/read/2017/02/17/2067/terpaksa-harus-belajar-di-teras

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.