Header Ads

SELANGKAH LAGI LETKOL MOCH SROEDJI AKAN MENDAPATKAN ANUGERAH PAHLAWAN NASIONAL


Selangkah Lagi Sroedji Pahlawan Nasional
JEMBER –Jember akan segera memiliki pahlawan nasional. Nama Letkol Moch. Sroedji saat ini sudah di dewan gelar dan menunggu keputusan presiden untuk ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Jika mulus, nama Sroedji akan diumumkan sebagai pahlawan saat upacara peringatan Hari Pahlawan pada 10 November.
Kabid Pemberdayaan dan Pengendalian Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Jember Isnaini Dwi Sushanti mengatakan, ada perkembangan positif dari upaya pengajuan Sroedji sebagai pahlawan nasional. “Alhamdulillah, pengajuan Letkol Moch Sroedji sudah masuk ke dewan gelar,” katanya kemarin.
Hal ini dibuktikan dengan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) yang datang ke Jember pada 28 September lalu. Saat itu ada peneliti dari Universitas Indonesia melihat langsung dan menyampaikan proses pengajuan Sroedji dari Pemkab Jember menjadi pahlawan nasional. “Kerja keras masyarakat, Dinas Sosial Jember, Dinas Sosial Jatim, dan keluarga mendapatkan hasil yang bagus,” tandasnya.
Berdasarkan informasi TP2GP, lanjut dia, Letkol Moch. Sroedji memenuhi syarat untuk diajukan ke dewan gelar dan diajukan ke presiden untuk mendapatkan persetujuan Penganugerahan Pahlawan Nasional. Bahkan, TP2GP menyatakan, dengan masuknya nama Sroedji ke dewan gelar, sebenarnya tugas dinas sosial sudah maksimal dan bagus.
“Sehingga saat ini tinggal menunggu dari dewan gelar dan presiden untuk menetapkan Sroedji menjadi pahlawan nasional,” ungkap perempuan yang biasa disapa Shanti ini.
Shanti menuturkan, saat ke Jember TP2GP sempat mendatangi lokasi Letkol Moch. Sroedji tertembak di Desa Karang Kedawung, Mumbulsari. Mereka mengecek langsung ke lokasi dan bertemu dengan saksi dari Mayang. Kabarnya, di naskah akademik (NA) masih ada yang belum sempurna. 

(sumber : radarjember.com )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.