Header Ads

Raker FWLM Jember Ajang Asah Kompetensi Jurnalis Media Online




SRJ NEWS - Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember meski baru berumur 5 tahun serius menunjukkan eksistensinya. Tergres, FWLM Jember menggelar Rapat Kerja dan Diskusi Publik bertema "Mendorong Jember Mandiri Berbasis Digital", dan Pelatihan Jurnalis Investigasi di Hotel Rembangan, Kecamatan Arjasa, Jember. 

Sebagai wadah perkumpulan wartawan lokal Jember keberadaan FWLM pun mulai mendapatkan perhatian khalayak. Tidak tanggung-tanggung, pada opening ceremony rapat kerja tersebut pada Sabtu (2/1) Kepala Kepolisian Resort Jember AKBP Kusworo Wibowo hadir untuk membuka rapat kerja tahunan FWLM. 

Ketua Panitia Rapat Kerja Hirna Ramadhanianto mengatakan, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 2-3 Februari 2019 diikuti sebanyak 35 wartawan media cetak dan online yang tergabung dalam FWLM. 

Kapolres Jember dalam sambutannya mengatakan, peran media sangat vital bagi kemajuan bangsa. Bagaimana sebuah media itu berperan mencerdaskan masyarakat dengan sebuah informasi dengan berita-berita yang obyektif, tidak hoaks. 

"Saya bersyukur, di sini FWLM solid kompak dan pemberitaannya yang obyektif mencerdaskan masyarakat," tuturnya. 

Menghasilkan sebuah berita yang faktual dan obyektif kata Kusworo, tidak terlepas dari sumber daya manusianya (wartawan) yang berkompeten. Untuk itu, dia mengapresiasi dan mendukung adanya pelatihan-pelatihan yang dilakukan organisasi kewartawanan agar dapat tercipta seorang wartawan yang handal. 

"Sumber daya manusia sangat berpengaruh, untuk itu kami berterima kasih pada FWLM, AJI (Aliansi Jurnalis Independen), PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), maupun IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) yang melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk meningkatkan sumber daya manusia," jelasnya. 

Tidak hanya Kapolres, dari catatan di lokasi nampak hadir Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, Muspika Arjasa, dan sejumlah perwakilan mahasiswa. Narasumber yang dihadirkan dalam diskusi publik pun cukup berbobot dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Kepala Disperindag, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Diskominfo, Dinas Pariwisata, RTIK Jember, dan Pengusaha.

Hal ini kata ketua panitia, keberadaan FWLM mulai mendapatkan pengakuan dari publik. Bahkan kata dia, sehari sebelum dimulainya rapat kerja pengurus FWLM bertemu dengan Bupati Jember dr Faida MMR untuk beraudiensi. 

"Bupati mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Ibu berharap banyak dalam kegiatan ini agar bisa menghasilkan jurnalis dan media yang berkualitas untuk membantu memajukan Jember," tuturnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.