Header Ads

Pasar Lumpur di Ledokombo



NATURAL: Suasana Pasar Lumpur bulan lalu. Menawarkan nuansa pedesaan nan asri, stand-stand makanan yang ada di Pasar Lumpur pun diminati para turis mancanegara.

JEMBER – Alternatif liburan keluarga bagi masyarakat Jember terus bertambah. Salah satunya adalah Pasar Lumpur yang kembali digulirkan oleh komunitas Tanoker di Kecamatan Ledokombo. 
“Sejak beberapa bulan terakhir memang kita menggelar Pasar Lumpur di hari Minggu, setiap akhir bulan. Karena mendekati bulan Agustus, maka temanya kali ini adalah kemerdekaan,” tutur Sutopo, Ketua Panitia Pasar Lumpur saat dihubungi Jawa Pos Radar Jember.
Masyarakat bisa menikmati berbagai hiburan meriah yang tersaji di Dusun Onjur, Desa Sumber Lesung, Kecamatan Ledokombo ini. Mulai dari outbond, polo lumpur, sepak bola mini hingga festival Egrang, yang semuanya bisa diikuti secara gratis alias tanpa dipungut biaya.
“Beberapa sajian memang sengaja kami sediakan antara lain untuk masyarakat kota maupun warga sekitar sini. Kami menonjolkan hal-hal pedesaan seperti permainan tradisional, ditambah suasana alam yang masih segar khas Ledokombo yang cenderung sejuk,” tutur Sutopo. 
Sepak bola mini, merupakan permainan anak-anak dimana pesertanya diajak bermain bola dengan bola plastic tanpa alas kaki. Even hari ini juga sekaligus menjadi babak penyisihan dalam Turnamen Sepak Bola Mini yang akan berlanjut secara beruntun setiap minggunya. 
Usai lelah bermain, masyarakat bisa menikmati sajian kuliner yang sengaja diproduksi oleh warga setempat. Tak perlu khawatir akan keamanannya, karena panitia telah menekankan pada seluruh peserta stand yang berjualan untuk hanya menjual makanan sehat. Hal ini seiring dengan edukasi yang dilakukan komunitas Tanoker kepada warga di beberapa desa yang ada di Ledokombo dan sekitarnya. 
“Kami memiliki program pemberdayaan masyarakat dengan mengajak mereka memproduksi dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Bebas MSG, zat pengawet, zat pewarna, pemanis buatan dan sejenisnya,” pungkas Sutopo. 
(jr/ad/har/JPR)

Sumber: www.radarjember.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.