Header Ads

Mural Jelang Agustusan



DIBERI MURAL: Sisi dinding di Jalan Sumatera sudah mulai dihias dengan lukisan dan mural, oleh warga setempat. Ini sebagai bentuk peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun ini.


JEMBER – Peringatan Hari Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus selalu dimaknai dengan berbagai cara oleh beragam kalangan masyarakat. Mulai dari penyelenggaraan lomba, karnaval, hingga kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Kegiatan ini rupanya sudah dimulai bahkan sebelum menyongsong bulan Agustus.
Pantauan Jawa Pos Radar Jember, beberapa kawasan perkotaan seperti di Jalan Sumatera sudah mulai dibenahi dan dibersihkan. Bahkan di lokasi tersebut, masyarakat sengaja melukisnya dengan gambar-gambar menarik yang tak pelak membuat beberapa pengendara yang lewat di depannya, sejenak menoleh dan melihat lukisan tersebut.
Pada sisi selatan, gambar bendera merah putih serta bambu runcing tergambang dengan unik di dinding yang awalnya hanya berupa bebatuan biasa. Ditambah lagi dengan sisi bagian utara yang ditambahi mural tokoh-tokoh kemerdekaan misalnya Soekarno, Hatta, dan Bung Tomo.
Mural yang dilukis oleh warga RT 1 RW 31 Jalan Sumatera ini sengaja dihadirkan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Seluruh biaya juga ditanggung sendiri tanpa mengharap bantuan dari pihak lain. “Yang melukis juga orang sini,” ungkap Ilham, salah seorang warga setempat.
Tak hanya di Jalan Sumatera, warga di Jalan Jawa pun sudah mulai menghias lingkungannya. Diawali dengan membersihkan dan mengecat gapura di Jalan Jawa VI, puluhan warga RT 1 dan 2 RW 36 juga berencana akan melakukan kerja bakti di area lain lingkungannya. “Tradisinya setiap mau 17 Agustus memang seperti itu setiap tahun,” ujar Soni, ketua RT 2 RW 36.
Tak hanya kerja bakti, jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI pihaknya memang selalu mengagendakan beragam kegiatan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini sengaja digagas untuk mengingat perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia 72 tahun silam.
Niat yang sama juga tengah dimatangkan oleh Dadang, salah satu warga Perumahan Jawa Asri yang juga tengah menyiapkan kerja bakti di lingkungannya. Yang paling dekat adalah mengecat gerbang masuk perumahannya. “Nanti kita cat dengan warna dominan merah putih seperti tema besar kemerdekaan Indonesia,” kata dia.
Menurutnya, jika seluruh masyarakat Jember bisa memiliki niatan yang sama untuk membersihkan dan memperbarui lingkungan tempat tinggalnya, dia yakin tidak ada lokasi-lokasi kumuh yang ditemukan bahkan di wilayah pelosok. “Misalnya tempat-tempat seperti Jembatan Semanggi, Jembatan Mastrip itu dicat atau diberi gambar yang mencerminkan kemerdekaan juga, pasti bisa jadi ikon menarik untuk Jember,” pungkasnya. 
(jr/lin/har/JPR)

Sumber: www.radarjember.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.