Header Ads

HUJAN SEMALAMAN, RIBUAN RUMAH WARGA DI JEMBER TERENDAM BANJIR


SURABAYAONLINE.CO- Ribuan rumah di enam kecamatan di Kabupaten Jember banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten ini setempat sejak Kamis (8/12) hingga dini hari tadi.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Heru Widagdo menjelaskan, jumlah rumah warga yang terendam banjir kali ini jauh lebih banyak dibandingkan kejadian yang sama pekan lalu.
“Data BPBD Jember mencatat ada sekitar 1.776 rumah yang berada di enam kecamatan terendam banjir,” kata Heru saat dimintai keterangan, Jumat (9/12/2016).
Rincian rumah yang terendam banjir yakni 728 rumah di Desa Glundengan Kecamatan Wuluhan, 228 rumah di Desa Curahlele, 20 rumah di Desa Sumberpakem-Kecamatan Balung, 400 rumah di Desa Sukorejo, 150 rumah di Desa Karangsemanding, Kecamatan Bangsalsari dan 250 rumah di Desa Yosorati-Kecamatan Sumberbaru.
“Sementara dua kecamatan lainnya yakni di Kecamatan Tanggul dan Semboro hingga kini masih dalam proses pendataan. Banjir terjadi karena turunnya hujan deras dengan durasi yang lama dari petang hingga dini hari,” terangnya.
Menurut Heru, ketinggian air mencapai 1 meter. Dengan kondisi itu, beberapa warga terpaksa dievakuasi di tempat yang lebih aman. “BPBD Jember mengevakuasi warga ke masjid, rumah tetangga atau rumah keluarga nya yang tidak terkena banjir,” ucapnya.
Namun, lanjut Heru, hingga pukul 10.00 WIB kondisi air sudah mulai surut. Beberapa warga yang mengungsi juga sudah mulai kembali ke rumah nya masing masing.
“Kami menghimbau kepada seluruh warga agar tetap waspada terhadap banjir, apalagi jika hujan deras mengguyur dalam durasi yang cukup lama.”(detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.