Header Ads

PEMKAB JEMBER KEMBALI LAGI MENERIMA PERHARGAAN SEBAGAI KABUPATEN TERBAIK TINGKAT NASIONAL


JEMBER UPDATE - Pemerintah Kabupaten Jember kembali meraih penghargaan atas prestasi terbaiknya. Kali ini adalah penghargaan sebagai salah satu kabupaten terbaik di tingkat nasional dalam bidang Pelaksana Operasi dan Pemeliharaan Irigasi atau Sumber Daya Air (SDA) tahun 2017.

Bupati Jember dr. Faida MMR menerima langsung perhargaan itu disela Konreg Operasi dan Pemeliharaan SDA Wilayah Barat tahun 2018 di Kota Padang, Selasa (18/9/18).

Pemberian penghargaan kepada Bupati Jember Faida diserahkan oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Diyah Indrajati dihadapan BAPPENAS, Kemen PUPR, Kemendagri, Kemenko Perekonomian KLHK, Kemenkeu, Gubernur, beserta Walikota dan Bupati Se Sumatra Barat.

Bambang Heri Mulyono selaku tim penilai dari pusat menuturkan, Kabupaten Jember terpilih sebagai yang terbaik setelah memenuhi 7 kriteria yang ditentukan panitia.

“Kriteria yang pertama adalah luas kewenangan. Jadi, semakin luas dia menangani irigasi maka nilainya semakin tinggi. Yang kedua, kepedulian pemerintah daerahnya,” terang Heri.

Pada poin kedua, kata Bambang, ada 4 item yang dinilai panitia sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah yakni telah adanya Perda Irigasi, adanya rencana dan pengelolaan pengembangan irigasi, terbentuknya komisi irigasi, serta adanya rencana irigasi.

Yang ketiga adalah penyediaan dana operasi dan pemeliharaan irigasi. Kemudian keempat, adalah index besarnya pertanaman total. Kelima, kondisi jaringan irigasi. Keenam, kinerja sistem irigasi. Dan, terakhir adalah ketersediaan tenaga operasi dan pemeliharaan irigasi seperti seorang penjaga pintu air.

Sementara, Bupati Faida usai menerima penghargaan menyatakan, kepedulian pemerintah daerah untuk operasi dan pemeliharaan irigasi telah dibuktikan dengan ditingkatkannya anggaran untuk operasi dan pemeliharaan sebesar 43 milyar di tahun 2017.

Dia juga menambahkan, pemeliharaan jaringan irigasi termasuk jaringan tersier merupakan komitmennya kepada warga Jember. Tidak semua daerah jaringan tersiernya mendapat perhatian dan penganggaran yang cukup.

Tapi di Jember ini, kata dia, jaringan irigasi dan tersier sampai mendapat penganggaran yang cukup sebagai komitmen bahwa masyarakat Jember paling banyak adalah petani.

“Untuk menjaga kesejahteraan petani maka, jaringan irigasi harus dipelihara,” tandas Bupati Faida.

Penghargaan sebagai pelaksana operasi dan pemeliharaan irigasi terbaik baru kali pertama diterima Jember di level kabupaten. Sebelumnya, Kabupaten Jember mendapat penghargaan di bidang yang sama Pengairan dan PU dalam kategori luasan irigasi.(tim*/HMS).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.