Header Ads

Alun-Alun Diklaim Milik Pribadi



Alun-Alun Ambulu, Radar Jember,

Warga Kecamatan Ambulu sempat terkejut dengan adanya pengumuman kepemilikan lahan alun-alun kecamatan tersebut. Banner yang diletakkan menghadap jalan raya itu tertuliskan bahwa tanah alun-alun milik alm H Abdul Ghani.
Hal itu sontak membuat masyarakat bertanya-tanya. Apakah benar alun-alun kecamatan yang selama ini menjadi sarana masyarakat itu diklaim miliki perseorangan. Padahal, menurut masyarakat sekitar, lahan tersebut merupakan milik PT KAI.
Melihat fenomena tersebut, Camat Ambulu Sutarman, mengaku sudah melarang pihak-pihak yang mengklaim lahan tersebut untuk memasangi banner. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondusivitas masyarakat Ambulu.
Dia menuturkan, memang ada beberapa pihak yang mengaku pengelola ahli waris dari H Abdul Ghani yang datang kepadanya. Mereka meminta kejelasan terkait lahan yang menurut mereka merupakan milik perseorangan.
Beberapa bukti memang sudah ditunjukkan oleh pengelola ahli waris tersebut. Hanya saja, bukti tersebut tidak cukup kuat untuk mengakui lahan tersebut milik perseorangan. “Saya sudah larang untuk tidak pasang banner, ya kok dipasang juga,” katanya.
Padahal belum ada kepastian apakah lahan tersebut merupakan milik perseorangan atau bukan. Yang jelas sampai saat ini belum ada petunjuk jelas. Apakah lahan tersebut milik PT KAI atau milik negara.
Pihaknya menyayangkan hal tersebut. Belum ada penetapan lahan tersebut milik pribadi sudah diklaim dengan pemasangan banner. “Selama ini tidak ada bukti kuat lahan tersebut milik perseorangan,” tuturnya.
Sementara ini pihaknya memang belum mengambil sikap perihal pengakuan lahan alun-alun tersebut. Yang jelas dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan upaya duduk bersama agar permasalahan ini tidak berlarut.
Namun jika pihak pengklaim tetap bersikeras tanpa adanya bukti nyata kepemilikan lahan, tindakan tegas akan dilakukan oleh pemerintah. “Bagaimanapun alun-alun merupakan fasilitas masyarakat. Kalau tidak bisa diajak bicara kami akan ambil sikap terkait pemasangan banner,” tutupnya.

Sumber: https://www.jawapos.com/radarjember/read/2018/02/15/49262/alun-alun-diklaim-milik-pribadi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.