Header Ads

Terobosan Dispendukcapil Jember, KTP el Bisa Langsung Cetak di Tempat


Terobosan Dispendukcapil Jember, KTP el Bisa Langsung Cetak di Tempat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember, mencetak ratusan dokumen kependudukan langsung di tempat dalam program layanan jemput bola atau On The Spot. Kegiatan itu pelaksanaannya diselenggarakan di Desa Pace, Kecamatan Silo, kabupaten setempat, Selasa (5/9/2017).

"Hari ini kita melakukan kegiatan on the spot di wilayah yang penduduknya banyak yang belum melakukan perekaman dan memiliki dokumen kependudukan," kata Plt Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati, ketika dikonfirmasi lewat telepon selulernya.

Menurut Yuni, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mempercepat kepemilikan administrasi dan dokumen kependudukan yang merupakan hak dasar warga negara.

"Sebanyak 2008 pemohon adminduk berhasil terjaring dalam kegiatan on the spot kali ini, terdiri dari 739 pengajuan Akta lahir, 247 KK, 862 perekaman KTP elektronik (KTP el), dan 160 revisi KTP el," terangnya.

Untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan, Yuni menjelaskan, Dispendukcapil langsung mencetak dokumen tersebut di lokasi pelaksanaan. Pencetakan langsung itu dilakukan jika persyaratan atau data pendukung dari pemohon sudah lengkap.

"Setelah dilakukan penandatanganan dokumen yang sudah jadi, kemudian langsung diserahkan ke warga, sehingga masyarakat ketika pulang sudah membawa atau memiliki dokumen kependudukan yang diharapkan,” terangnya.

Selain itu, Yuni menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama pada pemohon lansia dan penyandang disabilitas.

“Selain itu, tujuan pelayanan ini juga untuk meminimalisir biaya transportasi, waktu, dan juga meminimalir pungli saat pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil," pungkasnya. (*) 
 
Sumberhttp://www.penanusantara.id/main-desktop/berita_detil-1286-detil.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.