Header Ads

Tema “VICTORY” Jember Fashion Carnaval 2017 untuk Indonesia




 Siapa pun tak menyangkal bahwa Jember adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal di dunia. Sudah lama Jember dikenal sebagai wilayah penghasil tembakau paling baik dan enak di dunia, Tak hanya itu, Jember juga terkenal sebagai sentra edamame (kedelai Jepang) yang digemari oleh warga Jepang. Yang tak kalah keren dan heboh adalah Jember sebagai kota karnaval tingkat dunia.
Hampir semua mata penggemar fashion carnaval dunia akan tertuju di kota ini untuk 35 hari ke depan, tepatnya pada 9 – 13 Agustus 2017. Acara yang ditunggu-tunggu oleh pecinta fashion dunia: Jember Fashion Carnaval (JFC) 2017. Fashion tahunan yang ke-16 kali ini akan mengambil tema VICTORY.
Presiden JFC, Dynand Fariz, saat hadir di Sevendream City, Jember, Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu menjelaskan tema Victory pada JFC ke-16 tahun 2017 kali ini akan menampilkan kemenangan JFC di tingkat dunia. “Sudah saatnya, karena ini kemenangan Indonesia, kemenangan bangsa di sejumlah event dunia. Kita sudah 13 kali meraih kemenangan dalam best national costume. Dari 13 kemenangan itu, 8 diantaranya akan menjadi tema besar defile yang akan ditampilkan pada JFC ke-16 tahun ini,” papar Dynand.
“Tema victory sengaja dipilih untuk menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat dan dunia bahwa Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan merupakan identitas dan ciri khas serta kekuatan tersendiri untuk meraih kemenangan,” lanjut Dynand.
Tercatat berbagai event internasional yang berhasil diraih oleh Jember Fashion Carnival adalah misalnya Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang, Best National Costume Miss Supranational 2014 di Warsawa, Polandia, Best National Costume Miss Universe 2014 di Florida, USA Best National Costume Miss Supranational 2015 di Warsawa, Polandia, Best National Costume Miss Grand International 2016 di Las Vegas Amerika Serikat, dan Best National Costume Miss Tourism International 2016 di Malaysia.
Chronicle of the Borobudur
Di samping menampilkan kemenangan JFC di event internasional yang diraih di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini JFC akan menambah lagi kategorinya, yaitu kolaborasi dengan drumband musik karnaval. Tambahan kolaborasi drumband ini memposisikan JFC 2017 setara dengan event karnaval dunia di Pasadena di Amerika.
Suryanto, Wakil Presiden JFC, Rabu (14/6) menjelaskan bahwa, seperti tahun sebelumnya, event JFC akan diisi pula dengan conference, pameran, dan exhibition. Bahkan kedepannya Official JFC akan mengemas lebih profesional lagi untuk menjadikan JFC sebagai bagian dari MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) Kota Jember. “Sekarang kan sudah ada conference, pameran, dan exhibition. Nanti official JFC akan mengemas lagi lebih professional lagi sebagai bagian dari MICE,” jelasnya.
JFC 2017 ini akan melibatkan sekitar 1100 talen mulai dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi dan umum. Para talen itu sebagian besar merupakan putra putri Kota Jember. Mereka akan menyusuri catwalk jalan sepanjang 3,6 km. “Pokoknya 90 persen warga Jember,” kata Suyanto menambahkan.
Rute dan Acara Karnaval JFC ke-16
Direncanakan ada 10 tema kostum unik yang mempresentasikan perjalanan JFC dalam meraih prestasi di level dunia dalam kategori National Costume yang akan ditampilkan dalam JFC yakni Srivijaya Empire, Bali, King of Papua, Mystical Toraja, Siger Crown Lampung, Borneo, Chronicle of Borobudur, Mythical Toraja, Worderful of Betawi dan Unity in Diversity.
Dimulai dari JFC International Exhibition dan akan digelar antara lain KIDS CARNIVAL pada 10 Agustus 2017. Diperagakan oleh anak-anak dengan Costum Carnival, rute diawali dari Jalan Sudarman, Jalan Sultan Agung, Jalan Gajah Mada berakhir di SMP SANTO PETRUS; ARTWEAR CARNIVAL 11 Agustus 2017. Special performing art FALL WINTER yang akan diperagakan oleh model dengan rute Jalan Sudarman, Jalan Sultan Agung, Jalan Gajah Mada menuju AULA PTPN XII; WONDERFUL ARCHIPELAGO CARNIVAL INDONESIA (WACI) 12 Agustus 2017. Special performing art keindahan budaya Nasional Indonesia yang dikemas dalam bentuk karnaval dan akan diperagakan oleh perwakilan propinsi di Indonesia dengan rute Jalan Sudarman, Jalan Sultan Agung, Jalan Gajah Mada, dan berakhir di AULA PTPN XII, dan GRAND CARNIVAL 13 Agustus 2017. JFC-16 VICTORY SHOW TIME merupakan acara puncak JFC INTERNATIONAL EXHIBITION. STREET FASHION dengan catwalk sepanjang Jalan Sudarman, Jalan Sultan Agung, Jalan Gajah Mada, berakhir di GEDUNG SERBAGUNA.
Rute Karnaval JFC 2017
Diperkirakan karnaval tahun ini akan dihadiri oleh rartusan ribu pengunjung baik dari Indonesia maupun dari luar negeri dan diliput oleh ratusan wartawan dari berbagai media di seluruh dunia.

Sumber:https://ngawursiana.com/2017/07/05/tema-victory-jember-fashion-carnival-2017-untuk-indonesia/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.