Header Ads

Mantan Kapolda Jatim Hadiri Lomba Kerapan Sapi di Tanggul Wetan Jember




SRJ NEWS  - Mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (Pur) Anton Setiadji menghadiri lomba kerapan sapi yang di ikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kabupaten yang ada di Jatim dilapangan kerapan sapi di Curah Baban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, Jember.

"Dahulu tempat atau arena kerapan sapi ini yang membuka Pak Anton Setiadji mantan kapolda jatim,"kata Kepala Desa Tanggul Wetan, Suwadi Sulton saat dikonfirmasi sejumlah awak media saat berada dilokasi lomba kerapan sapi dalam rangka menyambut tahun baru 2019, Minggu (23/12/2018) siang.

Kata Tuan Takur sapaan akrabnya, saat itu beliau Pak Anton menjabat Kapolda Jatim. Jadi, tidak ada salahnya jika Ia hadir pada lomba kerapan sapi dalam rangka menyambut tahun baru 2019. Apalagi sekarang Ia juga sudah purna tugas di kepolisian (pensiun), ini semacam reuni dan tidak ada unsur politik.

Suwadi mengatakan, tidak ada salahnya jika pihaknya mengundangnya untuk hadir dalam acara lomba kerapan sapi walaupun sudah purna tugas (pensiun). Ia menjelaskan, awalnya gagasan untuk tempat lomba kerapan sapi ini dari beliaunya sebagai upaya untuk mempertahankan dan mengembangkan seni budaya asli Jawa Timur yaitu dari Madura.

"Kegiatan lomba kerapan sapi ini diselenggarakan yang sudah ketiga kalinya. Pertama serta yang kedua diselenggarakan dalam rangka memperebutkan piala bergilir Kapolda Jatim Cup, dan yang sekarang ini diselenggarakan dalam rangka menyambut tahun baru 2019," tuturnya.


Lebih lanjut Tuan Takur menjelaskan, dalam kegiatan lomba kerapan sapi kali ini diikuti sebanyak 124 peserta dari berbagai kabupaten yang ada di Jawa Timur. Yaitu dari Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Jember dan Madura. Dengan kegiatan ini Ia berharap menumbuhkan bibit - bibit baru kerapan sapi yang lebih baik. Selain itu juga untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar terutama pedagang kaki lima dan juga sebagai destinasi wisata baru khususnya di wilayah Kecamatan Tanggul dan Jember umumnya.

Sementara menurut Irjen Pol (Pur) Anton Setiadji mengatakan, pihaknya hadir dalam kegiatan lomba kerapan sapi ini sebagai tamu undangan dari penitipan dan sekaligus bertujuan untuk mendukung berkaitan dengan budaya. Budaya ini untuk kepentingan masyarakat banyak dan membantu bagaimana mensosialisasikan tentang kerapan sapi sebagai ciri khas budaya Madura. "Di Jember ini juga kan banyak Maduranya," terang Anton.

Ia mengatakan bahwa, memang dahulu dirinya saat menjabat Kapolda Jatim yang membuka lapangan kerapan sapi ini. Jadi panitia mengundang dirinya untuk hadir di lomba kerapan sapi dalam rangka menyambut tahun baru. Ibaratnya reuni, sebab adanya tempat kerapan sapi ini berkat gagasan dan dukungan masyarakat Tanggul khususnya Jember pada umumnya.

"Bahkan dahulu lomba kerapan sapi di Desa Tanggul Wetan ini diadakan dalam rangka memperebutkan piala bergilir Kapolda Jatim Cup saat kami menjadi kapoldanya," jelas Anton.

Memang kata Anton, saat dirinya menjadi Kapolda Jatim ketika membuka lapangan kerapan sapi ini komitmen dengan panitia akan diselenggarakan lomba pada setiap tahunnya. Dan saat ini dia purna (pensiun), jadi begitu ada lomba kerapan sapi yang diadakan ditempat ini panitia mengundangnya walaupun sudah tidak menjabat Kapolda Jatim."Walaupun kami sekarang di Partai Berkarya tetapi kegiatan Ini tidak ada kaitanya dengan politik," tegasnya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.